Tips Memulai Bisnis Lebih Berkembang dari HIPMI Bali

Kompas.com - 05/08/2018, 12:33 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

DENPASAR, KOMPAS.com - HIMPI melihat banyak pengusaha pemula di Bali yang bergerak di bidang teknologi digital.

Perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali Tude Mudarsa menyebutkan tren itu terlihat tiga tahun belakangan ini.

“Di Bali, dalam 3 tahun ke belakang, pengusaha pemula sangat banyak. Bisnis yang berbau digital banyak dilirik anak muda saat ini,” ujar Tude ditemui Kompas.com dalam acara The Big Start Indonesia Season 3 di Bali, Jumat (3/8/2018).

Menurut dia, bergabungnya para pengusaha pemula dalam komunitas kemudian mereka berkolaborasi, mendorong bisnis lebih berkembang.

Tude kemudian memberikan tips-tips memulai bisnis:

1. Berani memulai

Berani memulai bisnis adalah hal yang terpenting.

"Ya mulai saja dulu. Tidak perlu berpikir muluk-muluk, kalau sudah ada keyakinan dan dasar perencanaan awal segerlah mulai berbisnis," kata dia.

2. Produknya berguna

Yakin produk yang dihasilkan berguna menjadi langkah terpenting kedua. Artinya, produk bisnis yang dihasilkan tidak sekadar menghasilkan keuntungan untuk pribadi tapi juga menguntungkan untuk orang lain.

“Mulai melakukan fokus memecahkan masalah. Mindset-nya bisnis ini memberi pemecahan masalah, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain, ya berguna lah untuk lingkungan. Membuat orang lain gembira,” ujar Tude.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X