Lebih Untung Mana, Tabungan Emas atau Ikut Cicilan Emas? - Kompas.com

Lebih Untung Mana, Tabungan Emas atau Ikut Cicilan Emas?

Kompas.com - 05/08/2018, 15:56 WIB
Ilutrasi emas batanganThinkstock Ilutrasi emas batangan

JAKARTA, KOMPAS.com — Investasi emas tampaknya masih menjadi investasi favorit masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Selain karena faktor keuntungan, nilai jual emas juga tidak turun drastis alias stabil saat terjadi pelonjakan kondisi ekonomi. Itu sebabnya emas sering dikatakan sebagai safe haven karena nilai jualnya yang tetap tinggi dan tidak akan membuat si pemilik jatuh miskin.

Dalam investasi emas, sering muncul pertanyaan tentang mana yang paling menguntungkan di antara menabung emas atau ikut program cicilan emas. Simak ulasan berikut agar keuntungan yang didapat dari investasi emas lebih optimal seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tabungan Emas

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui mengenai tabungan emas, di antaranya:

· Harga
Harga beli emas di tabungan emas lebih murah dibandingkan cicilan emas. Sebab, tabungan emas belum mengikutkan biaya cetak.
Tabungan emas sekilas terlihat menggiurkan karena harganya relatif murah. Tapi ketahuilah kalau biaya cetaknya cukup mahal, dihitung berdasarkan gram.

· Tempat Investasi
Investasi emas bisa dilakukan di bank, pegadaian, ataupun menyimpannya sendiri. Tapi, alangkah baiknya jika emas yang diinvestasikan diserahkan ke lembaga yang kredibel.
Jika disimpsan sendiri, akan kurang efektif karena ada saatnya di mana sikap tidak konsisten untuk berinvestasi. Menyimpan di lembaga kredibel juga jauh lebih aman dari kasus pencurian.

Pada tabungan emas, Anda sama sekali tidak dikenakan penalti atau denda karena jumlah yang dibayar setiap bulan sudah disepakati di awal proses investasi.

· Biaya Lain-Lain
Selain mempertimbangkan harga, Anda juga harus mempertimbangkan biaya lain-lain. Tabungan emas di Pegadaian biasanya dikenakan biaya titip, biaya keanggotaan, dan biaya cetak.

Tabungan emas mengharuskan Anda untuk melakukan pembayaran dalam jumlah yang sama setiap bulan. Itu artinya jumlah yang dibayar di awal harus sama dengan jumlah yang dibayar di pertengahan ataupun akhir masa investasi.

(Baca: Mau Investasi Logam Mulia? Ini Dia Jenis-Jenis Pajak Emas yang Harus Diketahui)

2. Cicilan Emas

Untuk cicilan emas, berikut beberapa hal yang perlu diketahui, seperti:

· Harga
Sementara itu, cicilan emas sudah termasuk biaya cetak sehingga harganya tidak jauh berbeda dengan harga emas di pasar. Namun, pada program cicilan emas ini juga terdapat sejumlah biaya-biaya yang dikenakan oleh lembaga penyelenggara program cicilan tersebut.

· Tempat Investasi
Jumlah yang dibayar untuk cicilan emas dan tabungan memang sama saja. Namun, Anda harus siap membayar sejumlah biaya denda apabila terlambat melakukan pembayaran cicilan emas.

· Biaya Lain-lain
Untuk cicilan emas, Anda akan dikenakan biaya DP atau uang muka, biaya administrasi, bunga, biaya titip, dan denda apabila Anda terlambat membayar cicilan emas.
Bunga cicilan emas yang dikenakan tentu sangat beragam, tergantung dari lembaga yang menyediakan jasa investasi emas. Tapi, biaya bunga yang dikenakan pada umumnya sebesar 0,75 persen sudah ditambah dengan biaya cetak. Sehingga harganya tidak jauh berbeda dengan harga emas di pasar.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Tingkat kemampuan ekonomi memengaruhi tingkat kesejahteraan seseorang. Apabila kondisi ekonomi Anda selalu stabil, pilihlah program tabungan emas, terlebih karena tidak ada biaya penalti atau denda yang perlu dibayarkan.

Apabila kondisi ekonomi naik turun seperti gelombang, sebaiknya pilih program cicilan emas yang jumlah pembayarannya lebih fleksibel. Jangan lupa untuk tetap berkomitmen dalam investasi emas agar pembelian emas selalu mencapai target.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com


Komentar
Close Ads X