Tips Aman Mengandalkan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis

Kompas.com - 05/08/2018, 17:29 WIB
Ilustrasi kartu kredit duniabiza.com, Dok. HaloMoney.co,idIlustrasi kartu kredit

Memperoleh modal untuk usaha terkadang memang tak gampang, terlebih ketika keluarga terdekat hingga sahabat tak bisa diandalkan. Maka jalan keluar yang bisa jadi pilihan terakhir adalah kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan suntikan modal hanya dalam waktu yang singkat.

Tetapi sayangnya, jika tak bijak dalam menggunakannya, bisa dipastikan Anda akan terjebak dalam lilitan utang dan bunga yang tak ada habisnya. Oleh karenanya sebelum terjebak dalam lingkaran utang kartu kredit yang melilit, sebaiknya perhatikan tips aman berbisnis bila mengandalkan kartu kredit seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Perhitungkan Besaran Modal dengan Matang

Dalam bisnis, modal memang faktor yang sangat penting untuk mendukung kelancaran suatu bisnis apapun bidangnya. Mendapatkan modal dengan cara mengajukan pinjaman bisa jadi langkah yang tepat, tapi sebelumnya ketahui berapa besar modal yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Suntikan modal yang besar akan membuat Anda bisa mengembangkan bisnis secara maksimal. Namun semakin besar jumlah pinjaman, maka semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Untuk itu buatlah rincian pasti, jangan sampai terjadi kesalahan.

2. Ketahui dan Tentukan Kemampuan Bayar

Mengetahui secara pasti omset yang dihasilkan bisnis Anda juga sangat penting ketika ingin mendapatkan pinjaman modal. Karena itu akan membantu untuk lebih bijak ketika menentukan besaran modal yang ingin diperoleh, dan mengetahui kemampuan membayar pinjaman modal.

Lagi pula jika bisnis yang dijalankan masih terbilang baru dengan omset yang belum stabil, maka mengajukan pinjaman yang besar bisa sangat berisiko. Sebab itulah perhitungkan dengan baik kebutuhan modal dengan mengetahui omset pasti tiap bulan.

Setelah menghitung besaran omset dan biaya yang harus dibayar tiap bulan, maka dari perhitungan tersebut Anda bisa menentukan berapa besar cicilan yang mampu dibayar. Dengan begitu Anda tak akan punya masalah untuk memenui kewajiban pembayaran tiap bulannya.

3. Pertimbangkan Suku Bunga yang Masuk Akal

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X