Tips Aman Mengandalkan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis - Kompas.com

Tips Aman Mengandalkan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis

Kompas.com - 05/08/2018, 17:29 WIB
Ilustrasi kartu kreditduniabiza.com, Dok. HaloMoney.co,id Ilustrasi kartu kredit

Memperoleh modal untuk usaha terkadang memang tak gampang, terlebih ketika keluarga terdekat hingga sahabat tak bisa diandalkan. Maka jalan keluar yang bisa jadi pilihan terakhir adalah kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan suntikan modal hanya dalam waktu yang singkat.

Tetapi sayangnya, jika tak bijak dalam menggunakannya, bisa dipastikan Anda akan terjebak dalam lilitan utang dan bunga yang tak ada habisnya. Oleh karenanya sebelum terjebak dalam lingkaran utang kartu kredit yang melilit, sebaiknya perhatikan tips aman berbisnis bila mengandalkan kartu kredit seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Perhitungkan Besaran Modal dengan Matang

Dalam bisnis, modal memang faktor yang sangat penting untuk mendukung kelancaran suatu bisnis apapun bidangnya. Mendapatkan modal dengan cara mengajukan pinjaman bisa jadi langkah yang tepat, tapi sebelumnya ketahui berapa besar modal yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Suntikan modal yang besar akan membuat Anda bisa mengembangkan bisnis secara maksimal. Namun semakin besar jumlah pinjaman, maka semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Untuk itu buatlah rincian pasti, jangan sampai terjadi kesalahan.

2. Ketahui dan Tentukan Kemampuan Bayar

Mengetahui secara pasti omset yang dihasilkan bisnis Anda juga sangat penting ketika ingin mendapatkan pinjaman modal. Karena itu akan membantu untuk lebih bijak ketika menentukan besaran modal yang ingin diperoleh, dan mengetahui kemampuan membayar pinjaman modal.

Lagi pula jika bisnis yang dijalankan masih terbilang baru dengan omset yang belum stabil, maka mengajukan pinjaman yang besar bisa sangat berisiko. Sebab itulah perhitungkan dengan baik kebutuhan modal dengan mengetahui omset pasti tiap bulan.

Setelah menghitung besaran omset dan biaya yang harus dibayar tiap bulan, maka dari perhitungan tersebut Anda bisa menentukan berapa besar cicilan yang mampu dibayar. Dengan begitu Anda tak akan punya masalah untuk memenui kewajiban pembayaran tiap bulannya.

3. Pertimbangkan Suku Bunga yang Masuk Akal

Jangan hanya tergiur besaran modal yang bisa diperoleh saja, tetapi tak memerhatikan bunga yang dibebankan. Percuma bisa mendapatkan suntikan dana yang besar tapi bunga yang dikenakan mencekik leher.

Pertimbangkan untuk mencari kreditur yang menawarkan suku bunga masuk akal hingga membuat tak mampu membayarnya. Sebab itulah, cari informasi sebanyak-banyaknya dan membandingkannya dengan kartu kredit lainnya.

Baca: Surcharge Kartu Kredit, Legal atau Tidak?

4. Ketahui Detail Informasi Kartu Kredit

Setiap Bank penerbit pasti memberikan limit serta fasilitas berbeda pada setiap produk kartu kredit yang ditawarkan. Jika ingin mendapatkan dana pinjaman yang besar dari kartu kredit, maka limit pada kartu kredit yang dimiliki juga harus besar.

Tetapi mendapatkan kartu kredit dengan limit besar bukan perkara mudah. Setidaknya riwayat pinjaman yang Anda miliki harus sehat dan tidak ada risiko macet. Selain itu Anda juga harus tahu betul tentang produk kartu kredit tersebut.

5. Lunasi atau Bayar sesuai Minimum Tagihan

Memiliki pinjaman kartu kredit tak sama dengan pinjaman lain di bank, maka penting untuk mengetahui bagaimana sistem pembayaran pokok dan bunga pinjaman agar tidak salah hitung. Dalam utang kartu kredit, Anda harus membayar penuh jumlah yang terpakai bulan lalu.

Jika tak mampu, maka bisa membayarkannya sesuai dengan minimum tagihan. Dengan bunga yang akan terus bertambah hingga utang terlunasi sepenuhnya.

7. Tepat Waktu Bebas Denda

Jika terlambat melakukan pembayaran kartu kredit, maka selain bunga pinjaman juga harus membayar denda yang tak sedikit jumlahnya. Dari pada buat bayar denda, bukankah lebih baik untuk melunasi tagihan, bukan?

Maka jangan sampai telat membayar tagihan kartu kredit. Sebaiknya buatlah reminder atau lakukan pembayaran otomatis yang tersinkronisasi pada rekening pribadi agar menghindari keterlambatan yang berujung denda.

Bijak Berbisnis dengan Kartu Kredit

Apapun bentuk bisnis yang dijalankan pasti memiliki resiko, begitu pun dengan penggunaan kartu kredit, pasti memiliki dua sisi berbeda pula. Ada positif dan negatif yang akan selalu membayang-bayangi. Memilih kartu kredit sebagai sumber dana sebetulnya penuh risiko, jika tak bijak dalam mempergunakannya, bisa-bisa lilitan utang akan menjerat.

Untuk itu, ketahui dengan detail kartu kredit yang ingin digunakan, supaya tak salah pilih. Selamat berbisnis, semoga sukses!

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Cermati.com.


Close Ads X