Belanja Pemerintah Naik, Didorong Pembayaran THR dan Bansos

Kompas.com - 06/08/2018, 16:33 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka konsumsi pemerintah Indonesia secara umum pada kuartal II 2018 meningkat dibandingkan kuartal I 2018. Konsumsi pemerintah yang menyumbang pertumbuhan ekonomi 0,39 persen dengan laju pertumbuhan 5,26 persen secara tahunan (yoy).

Angkanya meningkat dibandingkan kuartal I 2018 sebesar 0,16 persen. Sementara itu, pertumbuhannya secara kuartalan (qtq) sangat signifikan, yakni 32,52 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Suhariyanto mengatakan, konsumsi pemerintah pada periode ini dipengaruhi gaji pegawai negeri sipil ( PNS) dan tunjangan hari raya ( THR).

"Gaji dan honor PNS serta THR bagus skali, tumbuh 16,98 persen," ujar Suhariyanto di kantor BPS, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Diketahui, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menaikkan tunjangan hari raya kepada PNS, anggota Polri dan TNI, dan juga pensiunan. Selain itu, pada Juli 2018 lalu, pemerintah mencairkan gaji ke-13 untuk PNS, anggota Polri dan TNI. Bahkan, tunjangan kinerja anggota Polri-TNI naik 70 persen.

"Oleh karena itu konsumsi pemerintah tumbuh," kata Suhariyanto.

Selain kenaikan realisasi belanja pegawai, jumlah belanja barang dan bantuan sosial ( bansos) juga naik signifikan. Realisasi belanja bansos untuk kuartal II 2018 sebesar Rp 27,19 triliun, naik 67,57 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Kenaikan belanja bansos didorong oleh belanja jaminan sosial yang digunakan untuk pembayaran penerima bantuan iuran dan belanja penanggulangan kemiskinan.

Sementara itu, realisasi belanja barang sebesar Rp 67,96 triliun, naik 8,01 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Secara umum, realisasi APBN 2018 lebih bagus daripada 2017," ungkap Suhariyanto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X