Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Pemerintah Sediakan Anggaran untuk Korban Gempa Lombok

Kompas.com - 06/08/2018, 19:08 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, saat ini berbagai pihak terkait sedang mendata total kerugian dan kerusakan sebagai dampak dari gempa bermagnitudo 7,0 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terjadi pada Minggu (5/8/2018).

Setelah data didapat, anggaran untuk membantu para korban akan segera dicairkan sehingga bisa mendukung kerja para petugas dalam melakukan perbaikan di lapangan.

"BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) akan kami dukung sepenuhnya. Anggaran untuk mereka akan kami sediakan agar bisa beroperasi secara cepat," kata Sri Mulyani saat ditemui di gedung Kementerian Pertahanan, Senin (6/8/2018).

Sri Mulyani mengaku belum tahu persis berapa anggaran yang akan disalurkan untuk membantu para korban gempa di Lombok dan daerah lain yang terdampak.

Meski begitu, dia memastikan anggaran yang dimaksud akan sesegera mungkin disalurkan dan semua hal yang menyangkut bantuan korban gempa Lombok akan diprioritaskan.

Langkah yang ditempuh, menurut Sri Mulyani, kurang lebih sama dengan seperti penanganan korban bencana terdahulu, seperti di Yogyakarta maupun Padang.

Pada tahap awal, akan ada tahap inventarisasi kerugian, termasuk bangunan yang rusak akibat gempa.

"Kalau bangunan milik pemerintah, akan kami data. Kalau milik masyarakat, biasanya dikategorikan menjadi tiga kelompok, rusak ringan, rusak sedang, atau rusak berat dan kami akan lihat bagaimana kompensasinya sesuai dengan nilai yang sekarang," tutur Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com