Bantu Pemulihan Listrik di Lombok, PLN Distribusi Jatim Kirim 74 Personel

Kompas.com - 06/08/2018, 21:14 WIB
PLN Distribusi Jawa Timur, Senin (6/8/2018), memberangkatkan 74 personelnya untuk membantu pemulihan kelistrikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang pada Minggu (5/8/2018) diguncang gempa. Dok PLN Distribusi JatimPLN Distribusi Jawa Timur, Senin (6/8/2018), memberangkatkan 74 personelnya untuk membantu pemulihan kelistrikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang pada Minggu (5/8/2018) diguncang gempa.


KOMPAS.com
—PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan kelistrikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang diguncang gempa pada Minggu (5/8/2018). Perbantuan pun dikirim dari wilayah lain, salah satunya PT PLN Distribusi Jawa Timur yang mengirimkan 74 personelnya.

"Pemberangkatan 74 personel dengan kompetensi sebagai teknisi pemeliharaan jaringan listrik tegangan menengah, tegangan rendah, dan Tim PDKB (pekerjaan dalam keadaan bertegangan, red), bertujuan untuk mempercepat pemulihan kelistrikan di Lombok pasca-gempa bumi," ungkap Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur, Dwi Suryo Abdullah, lewat layanan pesan, Senin (6/8/2018) malam.

Menurut Dwi, tim ini akan bergabung dengan personel dari PT PLN Distribusi Bali dan Bali serta unit PLN lain yang akan bahu-membahu memulihkan pasokan aliran listrik di Lombok. Dwi pun mengapresiasi jajarannya yang segera bersiap dan bersedia diberangkatkan untuk tugas perbantuan tersebut.

Baca juga: Pasca Gempa Lombok, PLN Pulihkan Listrik Fasilitas Layanan Publik

Dwi menambahkan, tim perbantuan akan berada di Lombok selama 10 hari. Itu pun masih dimungkinkan ada penambahan waktu, bila tambahan personel untuk pemulihan kelistrikan masih diperlukan. 

Bersama personel, PLN Distribusi Jawa Timur juga mengirimkan 3 unit mobil PDKB Berjarak lengkap, 4 truk untuk pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah/Tegangan Rendah (TM/TR), 2 mobil crane, 2 kendaraan double cabin, dan 6 mobil station.

"Semuanya untuk membantu percepatan pemulihan pasokan listrik," tegas Dwi. 

Meski demikian, Dwi juga berpesan agar seluruh personel yang ditugaskan itu tetap mengutamakan keselamatan. Perkembangan kondisi pun diminta terus dibagikan dari waktu ke waktu, termasuk lewat grup aplikasi percakapan. 

Prioritas dan kondisi terkini kelistrikan

Dalam penanganan musibah gempa bumi ini, PLN pemulihan kelistrikan di sejumlah layanan publik sebagai prioritas utama. Tercakup di dalamnya adalah rumah sakit, tempat penampungan pengungsi, dan instalasi air bersih.

Baca juga: PLN: Pascagempa, 26 Megawatt Listrik Pelanggan di Lombok Masih Padam

“Termasuk kantor-kantor pemerintah daerah setempat, listriknya menjadi prioritas untuk dipulihkan segera,” kata Direktur Bisnis Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PLN, Djoko R Abumanan, Senin.

Adapun kawasan yang menjadi daerah prioritas pemulihan, lanjut Djoko dalam keterangan pers-nya, adalah Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

“Kami pastikan untuk Gardu Induk dan kabel transmisi tegangan tinggi aman, tidak terdampak gempa. Kami fokus pada perbaikan dan pemulihan jaringan distribusi,” ujar Djoko.

Adapun informasi terbaru yang dibagikan Dwi lewat layanan pesan, hingga Senin malam diperkirakan masih ada 55.000 pelanggan yang belum mendapatkan kembali pasokan listrik selepas gempa pada Minggu.

"Beban saat ini kurang lebih 142 MW dengan daya mampu PLN 172 MW, prediksi padam hanya 12 MW dengan perkiraan pelanggan masih padam kurang lebih 55.000 pelanggan dari total 902.000 pelanggan di Lombok," ungkap Dwi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X