Ini Tips Investasi dari OJK untuk Investor Pemula

Kompas.com - 07/08/2018, 15:14 WIB
Ilustrasi investasi www.shutterstock.comIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, generasi millenial mulai melirik investasi sebagai peluang di masa depannya. Selain itu, banyaknya teknologi finansial (fintech) yang menyediakan berbagai jasa investasi menggaet kalangan ini untuk menjajal hal tersebut.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Sondang Marta Samosir mengatakan, untuk masyarakat yang tertarik berinvestasi terutama pemula dan millenial sebaiknya memerhatikan beberapa hal penting mulai dari jenis investasi, risiko hingga ciri-ciri investasi ilegal.

Berikut, Sondang memberikan beberapa tips aman untuk masyarakat pemula dan millenial yang ingin menjajal investasi.

1. Tetapkan Jangka Waktu Investasi

Menurutnya, pilihan investasi harus sesuai dengan jangka waktu dimana pengambilan atau hasil investasi itu diperlukan oleh pemiliknya. Dia pun menjabarkan beberapa, pertama investasi jangka pendek yakni jangka waktu 1 tahun misalnya deposito, repo, dan surat utang jangka pendek.

Kedua, jangka menengah yakni kurun waktu 1-5 tahun misalnya ORI, SUN dan reksadana. Terakhir, jangka panjang yakni kurun waktu lebih 5 tahun misalnya saham, reksadana, unit link, DPLK dan tabungan emas.

“Tetapkan dulu, investasinya jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang,” ujar Sondang dalam acara Program Literasi Keuangan di Multivision Tower, Selasa (7/8/2018).

2. Kenali Profil Risiko dalam Berinvestasi

Setiap investasi pasti memiliki risikonya masing-masing. Hal tersebut mesti disesuaiakan dengan kemampuan manajemen risiko setiap orang yang berbeda dan mana saja yang bisa dia ditangani.

Sondang membagi ke dalam tiga macam tipe resiko investasi setiap orang, yakni pertama tipe konservatif yang menghindari risiko tinggi. kedua, tipe moderat yakni menoleransi sebagian risiko penurunan nilai investasi. kemudian, tipe agresif yakni tidak takut mengambil risiko tinggi dan optimis akan berhasil.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X