Luhut: Pemerintah Diminta Cepat Tangani Gempa Lombok

Kompas.com - 07/08/2018, 19:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah dengan cepat melakukan penanganan pasca gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada pemerintah.

"(Dampak gempa) Lombok memang cukup parah, tapi penanganannya yang jelas Presiden minta cepat," kata Luhut ketika mengunjungi kantor redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Selasa (7/8/2018).

Luhut mengungkapkan, Presiden Jokowi sudah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto untuk secara langsung melakukan penanganan pasca gempa Lombok.

Sejumlah kementerian dan lembaga terkait pun telah secara langsung menangani para korban. Luhut menyebut kementerian dan lembaga yang dimaksud antara lain Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Sosial (Kemensos), TNI, maupun Polri.

Menurut Luhut, prioritas utama saat ini adalah penanganan korban. Setelah itu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan penghitungan bantuan terhadap kerusakan akibat gempa.

"Korban sudah ditangani. Kemudian, akan menghitung kerusakan yang pemerintah bisa bantu. terutama masalah pendidikan dan kesehatan saya kira," ungkap Luhut.

Pemerintah pun telah diminta oleh Presiden Jokowi untuk segera memitigasi dampak gempa terhadap sektor pariwisata di NTB. Hal ini pun, imbuh Luhut, telah direspon oleh pemerintah.

"Presiden seingat saya sudah perintahkan kami semua untuk mitigasi, karena salah satu penerimaan negara yang bagus pariwisata," tutur Luhut.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.