Resmi, Blok Sanga Sanga Kini Dikelola Pertamina Hulu

Kompas.com - 08/08/2018, 06:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS) resmi menjadi operator baru Wilayah Kerja atau Blok Sanga Sanga setelah pemerintah menyerahkan hak kelolanya. Penyerahan tersebut dilakukan di Lapangan Badak, Kalimantan Timur, Selasa (7/8/2018).

Blok Sanga-Sanga sebelumnya dikelola oleh Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Virginia Indonesia Co. (VICO), perusahan minyak asal Amerika Serikat. Penyerahan pengelolaan WK dilaksanakan setelah kontrak operator VICO berdasarkan Production Sharing Contract (PSC) WK Sanga-Sanga berakhir pada 7 Agustus 2018.

Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi mengatakan, penyerahan WK Sanga-Sanga ke Pertamina Hulu Sanga-Sanga akan diikuti oleh proses penyelesaian hak dan kewajiban.

"Terutama terkait kesepakatan clean and clear setlement keuangan, pajak, over under lifting, inventory dan capital asset," ujar Amien dalam keterangan tertulis, Selasa.

Amien mengatakan, sebelum kontraknya berakhir, VICO telah menyelesaikan seluruh komitmen finansial mulai dari bonus tandatangan, bonus produksi, sampai dengan pencadangan dana abandonment and site restoration (ASR).

Untuk menjaga kontinuitas operasional WK Sanga-Sanga pasca 7 Agustus 2018, SKK Migas, PHSS, dan VICO telah melakukan finalisasi untuk mirroring kontrak pengadaan yang ada di WK Sanga-Sanga.

Wilayah Kerja Sanga-Sanga memiliki tujuh lapangan yaitu Badak, Beras, Lampake, Nilam, Mutiara, Pamaguan dan Semberah. Data pada akhir Juli 2018, produksi minyak dan kondesat WK Sanga-Sanga adalah 10.753 BOPD dan Gas 80.7 MMSCFD.

Amien mengatakan, alih kelola Blok Sanga Sanga menjadi bukti Pertamina merupakan perusahaan migas kelas dunia.

"Seluruh komponen anak bangsa patut mendukung untuk mewujudkan tujuan ini," kata Amien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.