6 Kebiasaan Agar Tabungan Berlipat Ganda - Kompas.com

6 Kebiasaan Agar Tabungan Berlipat Ganda

Kompas.com - 08/08/2018, 12:24 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandakan tabungan mungkin tak seberat yang dipikirkan.

Sejumlah kebiasaan sederhana ini akan sangat membantu Anda, mulai hari ini, untuk membuat perubahan dalam pengelolaan keuangan.

Sebagaimana dikutip dari CNBC Make It, setidaknya ada enam strategi yang terbukti cukup berhasil bagi yang pensiun dini. Strategi itu pun tak membutuhkan banyak usaha untuk dilakukan. Jika Anda berhasil menerapkannya, maka hasilnya pun akan terllihat.

1. Lacak Pengeluaran

Jika ingin punya simpanan yang cukup banyak, Anda perlu tahu ke mana utamanya uang Anda mengalir. Banyak pensiunan dini memulai perjalanannya untuk mandiri secara finansial dengan menganalisis kebiasaannya berbelanja dan mencari tahu pengeluaran apa yang bisa dikurangi. 


"Dengan mengetahui bagaimana menghabiskan uang memungkinkan Anda menentukan apakah barang itu bernilai untuk Anda, dan di mana Anda bisa lebih fokus untuk mengurangi biayanya lebih lanjut," ujar Justin McCurry, seorang pensiunan dini.


2. Mengotomatiskan Semuanya

Mengotomatiskan kehidupan finansial Anda, seperti bertransaksi menggunakan rekening giro atau cek pembayaran ke akun investasi, rekening tabungan, maupun kreditur merupakan cara yang populer digunakan pensiun dini dan orang yang super berhemat.

"Ini akan menghentikanmu untuk menyabotase progress dari Anda sendiri," ujar Richard Meadows, pria yang berhasil menabung 100.000 dollar AS dalam tiga tahun.

"Jika Anda kehilangan tekad dan menghabiskan semua simpanan Anda untuk sepatu baru yang tidak benar-benar Anda butuhkan, maka Anda tidak akan ke mana-mana," lanjut dia.

Bagaimanapun, jika Anda secara otomatis menyisihkan uang dalam rekening pensiun atau tabungan untuk tujuan yang lebih besar seperti rumah atau mobil, Anda tak akan irit dalam menabung.

3. Mulai dengan Pergeseran Kecil

Chris Reining, salah satu pensiunan dini yang berhasil meraup 1 juta dollar AS portfolio di usia 35 tahun. Menurut dia, kunci menghemat separuh pendapatan dimulai dari hal yang kecil.

"Saya tahu banyak orang di luar sana yang tak masalah dengan latte seharga 5 dollar AS. Tapi semakin saya memikirkannya, memangkas latte seharga 5 dollar AS itu langkah awal yang baik," kata Reining.

"Sebab kalau Anda mencoba memperkecil rumahmu, menyingkirkan semua mobilmu dan membuat perubahan drastis, itu sangat luar biasa dan Anda tak perlu melakukan hal itu," lanjut dia.

Setelah melewatkan kopi paginya, Reining mengeliminasi makan siang seharga 15 dollar AS yang dia beli setiap hari. Ke depannya, dia memotong pengeluaran terbesarnya, seperti 1.000 dollar AS yang dihabiskan untuk ongkos pesawat.

"Perubahan kecil akan memandumu untuk membuat perubahan besar," kata Reining.

4. Pantau Perkembangan

Grant Sabatier mengubah rekening banknya dari 2,26 dollar AS menjadi 1 juta dollar AS hanya dalam waktu lima tahun. Ia mengatakan, langkah penting yang diambilnya adalah memantau kekayaan bersihnya.

"Saya melihat kekayaan bersih saya setiap hari ketika saya bangun di pagi hari dan menikmati kopi pagi. Ada beberapa motivasi yang lebih besar daripada melihat jumlah ini meningkat dari waktu ke waktu. Tidak peduli dari mana Anda mulai," kata dia.

5. Ubah Pola Pikir

Anda tak akan membuat perubahan besar tanpa pola pikir yang benar. Berkomitmenlah membuat simpanan yang besar mulai dari sekarang.

Hal ini berpengaruh bagi Matt dari "Distilled Dollar," dan tunangannya. Pasangan dari Chicago itu menyimpan 60 persen pendapatan mereka dan berencana mandiri secara finansial di usia 35 tahun.

"Kami menghentikan kebiasaan buruk kami membaca tips-tips hebat lalu gagal menerapkannya," kata Matt dalam blognya.

"Hindari kesalahan kami. Lakukanlah sesuatu hari ini dan mulailah menabung".

6. Investasi

Sebagai salah satu pensiunan dini, Steve Adcock menyatakan bahwa menyimpan uang saja tak membuatmu kaya. Jika Anda ingin menciptakan kekayaan yang substansial atau menggandakan simpanan, kuncinya adalah membuat uang itu bermanfaat dengan menginvestasikannya. 

"Daripada menyimpan tabungan di rekening bank, yang memang lebih baik daripada tidak sama sekali, taruhlah uang itu di pasar," kata Adcock.

"Dalam jangka panjang, bunga gabungan itu akan bertambah.

Penggabungan itu akan membuat jumlahnya bertumbuh lebih cepat daripada bunga yang sederhana karena selain menghasilkan laba atas uang yang Anda investasikan, Anda juga memperoleh laba atas pengembalian tersebut.

Ini menyebabkan kekayaan Anda bagai "bola salju" dari waktu ke waktu. Hal ini memungkinkan Anda tak perlu menabung banyak untuk meraih target finansial.

Permulaan yang baik adalah berinvestasi di akun pensiun, seperti Roth IRA atau IRA tradisional. Ke depannya, bacalah indeks biaya rendah yang direkomendasikan Warren Buffett, maupun platform investasi online yang dikenal sebagai robo-advisors.



Komentar
Close Ads X