Kompas.com - 08/08/2018, 21:05 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyalurkan kredit sebesar Rp 5 triliun selama semester pertama 2018 kepada sekitar 3,8 juta nasabahnya. Kredit diberikan melalui program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, penyaluran tersebut sudah memenuhi lebih dari separuh target mereka.

"Tahun ini target penyaluran PNM Rp 9 triliun," ujar Arief saat ditemui di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Rabu (8/8/2018).

Arief menargetkan pada semester II 2018, PNM dapat menyalurkan Rp 4,5 triliun. Sementara kebutuhan pendanaan PNM untuk 2018 sebesar Rp 11 triliun.

Baca juga: Kementerian BUMN Rombak Jajaran Direksi PT PNM

Arief mengatakan, 80 persen sumber pendanaan PNM berasal dari capital market, sementara sisanya dari perbankan komersial.

Tak hanya sekadar pembiayaan, PNM juga memberi pendampingan pada nasabah yang merupakan Usaha Kecil Menengah dalam mengiperasikan bisnisnya agar menghasilkan produk yang berdaya nilai jual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami harus pastikan dana yang kami berikan tepat guna dan tepat usaha bagi mereka," kata Arief.

Di Yogyakarta sendiri, sejak 2009 hingga 2018, ULaMM menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 389,36 miliar kepada 5.054 pelaku UKM. Per Juku 2018, ULaMM memiliki outstanding oembiayaan sejumlah Rp 121,83 miliar dengan 1.114 jumlah pelaku UKM.

Sementara untuk Mekaar di Yogyakarta, sejak 2016 hingga 2018, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 57,58 miliar kepada 26.977 perempuan prasejahtera. Segmentasi Mekaar memang berbeda dengan ULaMM, yakni menyasar ibu-ibu pelaku usaha kecil menengah. Sementara outstanding pembiayaan Mekaar per 31 Juli 2018 sebesar Rp 22,08 milyar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.