Empat Bandara Angkasa Pura II Siap Menyambut Asian Games 2018

Kompas.com - 08/08/2018, 22:13 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, di kantornya, Tangerang, Senin (16/7/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKODirektur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, di kantornya, Tangerang, Senin (16/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyatakan empat bandara akan terlibat aktif dan langsung selama pagelaran Asian Games mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Ada empat bandara AP II yang terlibat yakni Soekarno-Hatta, Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Halim Perdanakusumah, dan Husein Sastranegara Bandung," kata Awaluddin saat memimpin apel peresmian Posko Asian Games 2018 di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (8/8/2018).

Awaluddin menyebutkan, keempat bandara tersebut telah disiapkan untuk menyambut Asian Games. Adapun kesiapan tersebut diwujudkan lewat pembangunan infrastruktur, penambahan fasilitas teknologi, dan komunikasi, dan traffic routes.

Dari empat bandara yang dilibatkan tersebut, dua di antaranya menjadi prioritas, yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Baca juga: Sejumlah Maskapai Internasional Minta Extra Flight Saat Asian Games

"Dua bandara yang jadi fokus utama adalah di Soekarno-Hatta dan Mahmud Badaruddin II. Yang jadi fokus utama di sana adalah soal airport capacity. Secara umum, di Soekarno-Hatta tidak terlalu banyak penambahan, tapi kalau di Palembang cukup banyak," jelas Awaluddin.

Di Bandara Soekarno-Hatta, Terminal 2 dan Terminal 3 Ultimate mendapatkan fokus lebih guna menyambut kedatangan dan kepulangan para kontingen Asian Games.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awaluddin mengakui, AP II telah mempersiapkan pengelolaan slot parkir pesawat kontingen dan juga mempersiapkan pengelolaan ketibaan, kepulangan, dan penyambutan bagi kontingen dari negara lain.

"Sementara di Palembang, AP II menambahkan tiga garbarata, menyelesaikan sky bridge yang menghubungkan bandara dan stasiun LRT, reposisi parking stand menjadi 13 stand, relayout terminal, dan persiapan pengelolaan slot parkir pesawat kontingen serta mempersiapkan pengelolaan ketibaan, kepulangan, dan penyambutan," ucap Awaluddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.