Kompas.com - 09/08/2018, 09:06 WIB
Direktur Utama PNM Arief Mulyadi KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADirektur Utama PNM Arief Mulyadi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersiap untuk menjajaki financial technology (fintech) dalam proses pinjam meminjam.  Saat ini PNM baru  mengarahkan nasabahnya untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengelola usahanya.

"Kami ke arah sana (fintech) setelah melihat perkembangan, setelah tiga atau empat tahun baru kami arahkan ke digital," ujar Direktur Utama PNM Arief Mulyadi di Bantul, Yogyakarta, Rabu (8/8/2018).

Penerapan teknologi yang dimaksud salah satunya menggunakan mobile banking untuk bertransaksi. Jadi nasabah tak perlu membawa uang banyak ke bank. Namun, sementara ini, PNM masih akan fokus untuk memastikan bahwa dana yang diberikan tepat guna.

Dalam waktu dekat, PNM akan mencoba fintech untuk peer-to-peer lending. "Kita menyesuaikan saja. Tahun ini kita mulai ke arah situ dan membangun," kata Arief.

Baca juga: BI: Fintech Dorong Pembiayaan yang Tak Tersentuh Bank

Terutama untuk program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang sudah memasuki tahun kedua dalam pemanfaatan teknologi. Meski begitu, Arief memastikan intensitas tatap muka yang rutin dilakukan tak akan tergerus meski mulai menjajal digital.

"Jadi pelan-pelan kami akan arahkan ke situ. Kalau mereka tidak disiapkan, mereka akan ketinggalan," kata Arief.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.