Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNM Bersiap Jajal Fintech

Kompas.com - 09/08/2018, 09:06 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersiap untuk menjajaki financial technology (fintech) dalam proses pinjam meminjam.  Saat ini PNM baru  mengarahkan nasabahnya untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengelola usahanya.

"Kami ke arah sana (fintech) setelah melihat perkembangan, setelah tiga atau empat tahun baru kami arahkan ke digital," ujar Direktur Utama PNM Arief Mulyadi di Bantul, Yogyakarta, Rabu (8/8/2018).

Penerapan teknologi yang dimaksud salah satunya menggunakan mobile banking untuk bertransaksi. Jadi nasabah tak perlu membawa uang banyak ke bank. Namun, sementara ini, PNM masih akan fokus untuk memastikan bahwa dana yang diberikan tepat guna.

Dalam waktu dekat, PNM akan mencoba fintech untuk peer-to-peer lending. "Kita menyesuaikan saja. Tahun ini kita mulai ke arah situ dan membangun," kata Arief.

Baca juga: BI: Fintech Dorong Pembiayaan yang Tak Tersentuh Bank

Terutama untuk program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang sudah memasuki tahun kedua dalam pemanfaatan teknologi. Meski begitu, Arief memastikan intensitas tatap muka yang rutin dilakukan tak akan tergerus meski mulai menjajal digital.

"Jadi pelan-pelan kami akan arahkan ke situ. Kalau mereka tidak disiapkan, mereka akan ketinggalan," kata Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com