Kompas.com - 09/08/2018, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah menguat terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Kamis (9/8/2018), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di Rp 14.422 per dollar AS, menguat 0,12 persen ketimbang posisi kemarin.

Sementara di pasar spot pukul 10.20 WIB, nilai tukar rupiah menguat 0,21 persen ke Rp 14.409 per dollar AS. Bahkan pada pukul 10.00 WIB tadi pagi, rupiah menembus Rp 14.395 per dollar AS.

Rupiah menguat dalam empat hari perdagangan berturut-turut sejak awal pekan ini. Beberapa sentimen positif yang mengerek kurs rupiah adalah rilis data pertumbuhan ekonomi di awal pekan serta tekanan atas mata uang dollar AS di tengah lelang US treasury yang mencapai rekor tertinggi pekan ini.

Secara year to date, pelemahan rupiah pun menyempit. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah melemah 5,93 persen terhadap dollar AS. Pelemahan ini lebih kecil ketimbang bulan lalu yang mencapai lebih dari 6 persen.

Baca juga: Sri Mulyani: Eksportir Dapat Untung dari Pelemahan Rupiah

Tak cuma rupiah, pelemahan rupee pun menyempit menjadi 6,71 persen dari sebelumnya lebih dari 7 persen. Sedangkan pelemahan peso hingga hari ini mencapai 6,15 persen sejak awal tahun.

Di kawasan Asia, the greenback (sebutan untuk dollar AS) pun melemah. Mata uang Paman Sam ini hanya menguat terhadap peso Filipina dan dollar Taiwan hingga menjelang siang hari ini.

Indeks dollar pun kembali melemah setelah sempat rebound tipis tadi pagi. Posisi indeks ini ada di 95,06.

Indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama turun dalam tiga hari berturut-turut setelah mencapai level tertinggi tahun 2018 pada Senin lalu. (Wahyu Tri Rahmawati)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Menguat, rupiah sempat mencapai level Rp 14.395 per dollar AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.