Dampak Kebijakan Tarif Trump, Perusahaan AS Ini Berhentikan Hampir Semua Karyawannya - Kompas.com

Dampak Kebijakan Tarif Trump, Perusahaan AS Ini Berhentikan Hampir Semua Karyawannya

Kompas.com - 09/08/2018, 12:05 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Element Electronics, sebuah perusahaan perakit televisi di Amerika Serikat berencana untuk memberhentikan 126 pekerjanya sebagai dampak kebijakan tarif Presiden AS Donald Trump.

Dikutip dari CNNMoney, pemangkasan jumlah pekerja akan dilakukan di awal pekan. Perusahaan pun juga berencana untuk menutup pabriknya di Winnsboro.

Pihak perusahaan mengatakan, pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penutupan pabrik merupakan akibat langsung dari tarif yang diberlakukan AS atas barang impor China, termasuk beberapa bagian penting yang digunakan Elements untuk merakit TV.

Saat ini, Elements berusaha untuk menghapus suku cadang dalang daftar tarif dan berharap dapat menghindar dari risiko penutupan pabrik. Mereka juga mengatakan, penutupan pabrik hanya sementara dan bisa dibuka dalam waktu 3 hingga 6 bulan mendatang.

Baca juga: Bill Saat Bill Gates Bicara soal Perang Dagang

Sebagai informasi, pada bulan Juli pemerintah AS telah memberlakukan tarif 25 persen pada impor China senilai 34 miliar dollar AS. China, yang menuduh AS telah melakukan pemerasan dalam perdagangan, telah membalas dengan mengenakan tarif atas barang-barang Amerika dengan nilai yang sama.

Amerika pun berencana untuk menerapkan tarif tambahan untuk 16 miliar dollar AS produk China dan diberlakukan pada 23 Agustus 2018.



Close Ads X