Kompas.com - 09/08/2018, 14:37 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mulai menerapkan sistem syariah untuk program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). PNM sebelumnya telah menerapkan sistem syariah untuk program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) sejak 2010. Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, Mekaar syariah sudah diterapkan sejak 1 Agustus 2018.

"Total ada 310.000 nasabah yang dikonversi ke syariah," ujar Arief di Bantul, Yogyakarta, Rabu (8/8/2018).

Arief mengatakan, sudah cukup lama nasabah Mekaar mendorong adanya sistem syariah. Selain itu, ia membawa misi sebagai bagian dari Komite Nasional Keuangan Syariah.

"Juga dalam mendukung Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terbesar di dunia," kata Arief.

Sebagai langkah permulaan, PNM mengkonversi 310.000 nasabah Mekaar di wilayah Aceh, Riau, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Seluruhnya ada 25 kantor cabang.

"Beberapa daerah minta, saya upayakan. Ini kan masih uji coba," kata Arief.

Arief mengatakan, pembiayaan melalui sistem syariah tak terlalu berbeda dengan konvensional. Perbedaannya hanya pada akad pinjaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Konversinya simpel saja," kata Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.