Kompas.com - 09/08/2018, 17:55 WIB
Susiwijono Moegiarso, di Jakarta, Selasa (7/2/2017). Estu Suryowati/KOMPAS.comSusiwijono Moegiarso, di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegerasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS) sudah berlaku efektif selama 1 bulan.

Hingga hari Rabu, (8/8/2018) pukul 19.30, sudah tercatat 7.004 izin usaha dengan rata-rata perhari terdapat 304 izin usaha yang diterbitkan melalui sistem OSS.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono menyebutkan untuk jumlah user yang melakukan registrasi pada sistem OSS sebanyak 30.505 pelaku usaha.

Dari jumlah tersebut yang melakukan aktivasi akun sebanyak 22.328 pelaku usaha, dengan 12.290 di antaranya telah mendapatkan nomor izin berusaha.

"Yang sampai dapat izin usaha sebulan 7004 izin usaha, rata-per hari perhari 304 izin usaha. Ini termasuk hari Sabtu dan Minggu," ujar Susiwijono .

Selain itu, dirinya juga menjelaskan, terdapat 5 tahap pelayanan OSS, yaitu registrasi, aktivasi akun, nomor induk berusaha (NIB), izin usaha, izin komersil/operasional.

Mengenai ketimpangan jumlah pengguna layanan OSS yang sudah mendapatkan NIB dan izin usaha, menurutnya disebabkan banyaknya dari mereka yang masih penasaran sehingga iseng melakulan registrasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Artinya tidak semua registrasi langsung melakukan pengurusan perizinan, perilaku usernya banyak temen-temen mencoba OSS karena sistem baru," jelas dia.

Adapun pengguna layanan yang telah mendapatkan izin komersil atau operasional berjumlah 5.587. Sehingga, rata-rata izin komersil per hari sebanyak 243 pengguna layanan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.