Kemenhub: Fasilitas Transportasi Darat di Lombok Tak Ada yang Rusak Parah

Kompas.com - 09/08/2018, 19:40 WIB
Sejumlah bangunan rumah rusak akibat gempa di desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Rabu (8/8/2018). Berdasarkan data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 pada skala richter (SR) di Lombok bertambah menjadi 131 dari sebelumnya 105 orang.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah bangunan rumah rusak akibat gempa di desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Rabu (8/8/2018). Berdasarkan data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 pada skala richter (SR) di Lombok bertambah menjadi 131 dari sebelumnya 105 orang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi memastikan bahwa tidak ada fasiltas transportasi darat yang mengalami kerusakan parah imbas gempa susulan di Lombok, Kamis (9/8/2018).

Segala sarana dan pra-sarana di Lombok maupun wilayah NTB lainnya dipastikan Budi dalam kondisi baik.

“Kondisi sarana prasarana kami yang di lokasi kejadian sejauh ini masih aman, tidak ada kerusakan fatal yang terjadi. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan satuan pelayanan (satpel) yang ada di Lombok,” kata Budi dalam pernyataan resminya.

Hanya saja, lanjut Budi, Terminal Mandalika sedikit mengalami kerusakan berupa plafon yang runtuh di ruang pemadu moda. Kondisi itu memperparah kerusakan sebelumnya akibat gempa pada Minggu silam.

“Saya harapkan semuanya masih terkendali, aman, dan tidak terdampak oleh gempa ini,” ujar Budi.

Budi juga memastikan kondisi terminal lainnya dan Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB/ Jembatan Timbang), serta dermaga penyeberangan di NTB dalam kondisi utuh dan aman.

“Dimohon masyarakat untuk tetap tenang. Semua fasilitas transportasi darat saat ini kami pastikan tetap beroperasi normal,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi dengan kekuatan 6,2 magnitudo kembali mengguncang NTB pada Kamis siang, tepatnya pukul 12.25 WIB yang berpusat di Sumbawa.




Close Ads X