Bank Indonesia Gelar Sosialisasi Uang Elektronik di Sorong

Kompas.com - 10/08/2018, 09:24 WIB

SORONG, KOMPAS.com - Bank Indonesia menggelar sosialisasi uang elektronik di kalangan pelajar di Sorong Papua Barat, Jumat (10/8/2018).

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng dalam sambutannya mengatakan program ini digelar dalam rangka mendorong inklusi keuangan, pertumbuhan ekonomi, dan transparansi anggaran.

"Selain memperkenalkan Gerakan Nasional Non Tunai, kami melakukan sosialisasi ini dengan tujuan agar masyarakat Papua Barat mengetahui kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)," kata Sugeng.

Sugeng menuturkan, salah satu keuntungan dari penggunaan kartu GPN ini adalah mempermudah masyarakat melakukan transaksi. Dalam hal ini, masyarakat tidak perlu mencari mesin ATM maupun EDC yang sama dengan bank penerbit kartu.

Selain itu, dengan menggunakan kartu GPN, biaya transaksi yang ditanggung nasabah menjadi lebih murah.

Dalam kesempatan itu, Sugeng juga menyatakan bahwa Bank Indonesia terus memaksimalkan distribusi rupiah di perbatasan. Hal itu untuk menjaga kedaulatan negara.

"Kami akan suplai uang-uang kertas baru di perbatasan untuk mengganti uang yang sudah lusuh," kata Sugeng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.