BTN Raih Penghargaan Tata Kelola Terbaik BUMN - Kompas.com

BTN Raih Penghargaan Tata Kelola Terbaik BUMN

Kompas.com - 10/08/2018, 15:18 WIB
Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) R Mahelan PrabantariksoKOMPAS.com/KURNIA SARI AZIZA Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) R Mahelan Prabantarikso

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih peringkat pertama untuk kategori The Best GCG atau Tata Kelola Perusahaan Terbaik BUMN Terbuka dalam ajang Anugerah BUMN 2018. BTN dinilai telah berhasil menjalankan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan melebihi BUMN terbuka lainnya.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa proses transformasi yang kami lakukan berhasil. Ini menjadi pemicu semua jajaran BTN baik karyawan dan manajemen untuk bekerja lebih baik lagi," ujar Direktur BTN R Mahelan Prabantarikso dalam pernyataannya, Jumat (10/8/2018).

Mahelan mengatakan, tata kelola BTN harus dilakukan mulai dari level atas sampai bawah. Tak hanya itu, implementasinya pun terus dievaluasi. "Implementasi GCG tersebut kami bungkus dengan transformasi yang mencakup infrastruktur, sumber daya manusia, dan bisnis," sebut Mahelan. 

Menurut Mahelan, infrastruktur yang dibenahi salah satunya adalah tata kelola bagaimana sebuah perusahaan berjalan dengan baik dan bertransformasi secara cepat serta berkembang menjadi lebih luas.  Dari sisi tata kelola perusahaan, yang BTN lakukan adalah bagaimana ketentuan-ketentuan itu dibenahi kembali, kemudian yang sudah diatur harus diimplementasikan. 

"Khusus yang untuk GCG yang dari tataran atas sampai bawah itu Bank BTN sudah mendapatkan evaluasi ranking ASEAN (Asean CG Score). Di Indonesia, BTN saat ini masuk ranking ketiga dengan nilai lebih dari 105," jelas Mahelan.

Mahelan mengungkapkan, guna mempertahankan sebagai perusahaan dengan kualitas terbaik, BTN menetapkan hasil yang harus berkelanjutan baik dari bisnis, infrastuktur dan sumber daya manusia.

Sementara itu, terkait penghargaan BTN sebagai Talenta Terbaik, lanjut Mahelan, hal ini dilihat dari BTN memberikan banyak kesempatan kepada para pegawai muda, di mana 70 persen pegawai perseroan di bawah usia 30 tahun.

Adapun untuk penghargaan sebagai Driving Execution, Mahelan menuturkan, penghargaan dinilai dari hasil yang telah dicapai perseroan melalui kinerja keuangan.

Secara umum hasil yang diraih BTN sepanjang 2017, di mana salah satunya harga saham meningkat 115 persen, tertinggi di antara bank BUMN dengan status perseroan terbuka.


Komentar
Close Ads X