GPN Diimplementasikan, Mastercard Bangun Fasilitas Pemrosesan Data di Indonesia

Kompas.com - 10/08/2018, 19:53 WIB
Pengunjung melihat model kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (3/5/2018). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan kartu berlogo GPN yang dikeluarkan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAPengunjung melihat model kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (3/5/2018). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan kartu berlogo GPN yang dikeluarkan oleh bank-bank yang ada di Indonesia.

SORONG, KOMPAS.com – Bank Indonesia mengungkapkan Mastercard akan segera membangun fasilitas pemrosesan data (data processing) di Indonesia, sehubungan dengan pengimplementasian Gerbang Pembayaran Nasional.

Direktur Departemen Pengawasan dan Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky P Wibowo mengatakan, Mastercard akan menggandeng dua dari empat perusahaan switching nasional untuk pembangunan fasilitas data processing tersebut.

“Selama ini Mastercard memproses data transaksi kartu debit di Amerika. Dengan data processing tersebut, nantinya Mastercard akan memproses data nasabah kartu debit di Indonesia,” ujarnya Jumat (10/8/2018).

Menurut Pungky, Mastercard telah bertemu dengan Bank Indonesia untuk menyampaikan rencana tersebut. Bank sentral sendiri telah mempersilakan bagi perusahaan tersebut untuk melanjutkan bisnisnya.

“Mereka melakukan pembicaraan B to B. Bukan sharing saham, namun bagi hasil keuntungan antara Mastercard dengan dua perusahaan switching tersebut. Kami hanya menggarisbawahi besaran biaya transaksi off us maksimal 1 persen,” lanjut Pungky.

Meski Mastercard masuk, bukan berarti nantinya kartu GPN bisa digunakan di luar negeri. Bank Indonesia tetap membatasi kartu debit GPN hanya untuk di dalam negeri lantaran pengunaan kartu ini cukup kecil di luar negeri.

Bank sentra mencatat, hanya 3 persen transaksi masyarakat Indonesia di luar negeri menggunakan kartu debit. Selebihnya 97 persen menggunakan kartu kredit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

GPN adalah suatu sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran.

Masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin EDC dari bank yang sama dengan kartu yang dimiliki karena semua kartu yang berlogo GPN dapat digunakan pada seluruh mesin EDC di Indonesia.

GPN merupakan program yang dinisiasi oleh Bank Indonesia dan secara resmi telah diluncurkan pada 4 Desember 2017 lalu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.