Dukung Gerakan Nasional Non-Tunai, 8 Bank Luncurkan Bandung Smart Card

Kompas.com - 13/08/2018, 14:11 WIB
Sebanyak delapan bank, di antaranya bank bjb, bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan Bandung Smart Card (BSC). Hal ini dilakukan untuk menggenjot gerakan nasional non tunai (GNTT). KOMPAS.com/Reni SusantiSebanyak delapan bank, di antaranya bank bjb, bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan Bandung Smart Card (BSC). Hal ini dilakukan untuk menggenjot gerakan nasional non tunai (GNTT).

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak delapan bank bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan Bandung Smart Card (BSC). Hal ini dilakukan untuk menggenjot gerakan nasional non-tunai (GNTT).

Kedelapan bank tersebut yakni Bank bjb, BNI, BRI, BTN, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, dan Bank Woori Saudara. Bank-bank ini akan berintegrasi ke dalam satu kartu pembayaran non-tunai di bawah koordinasi Bank Indonesia.

Direktur Operasional Bank BJB, Fermianti mengatakan, perusahannya mendukung penuh gerakan nasional non tunai.

"Dengan Bandung Smart Card, masyarakat Bandung bisa memenuhi segala kebutuhannya dengan satu kartu," ujar Fermianti seusai penandatanganan kerja sama Pemkot Bandung dengan Bank BJB di Bandung, Senin (13/8/2018).

Fermianti menjelaskan, BSC ini tentunya akan meningkatkan transaksi bank bjb. Selain itu, nasabah mendapat banyak kemudahan. Mulai dari bertransaksi non tunai, digunakan sebagai kartu debit/ATM Bank BJB, hingga promo menarik dari merchant.

"Kemudian juga kemudahan dalam pembayaran pajak, seperti pajak bumi dan bangunan atau pajak kendaraan bermotor," ungkapnya.

"Saat ini adalah zamannya teknologi canggih. Kemunculan generasi milenial yang ingin serba praktis adalah sebuah triger bagi kami untuk mengembangkan teknologi informasi dan menciptakan inovasi layanan yang terbaik," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, ada 8 bank yang siap memasyarakatkan kegiatan transaksi non tunai atau cashless. Dengan kartu BSC, warga tidak lagi menggunakan uang tunai untuk bertransaksi keuangan.

“Karena sudah semuanya ter-cover. Maka ke manapun sekarang kami imbau warga bandung untuk melaksanakan transaksi non-tunai atau cashless,” katanya.

Ridwan pun meminta bank memperluas jejaring “merchant” yang dapat memberi manfaat lebih kepada pengguna BSC. Sehingga, kartu pintar ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi pelayanan publik tetapi juga kebutuhan lain.

“Kalau bisa semuanya non tunai. Kami juga berharap kepada perbankan memperluas vendor-vendor atau pihak ketiga yang menerima Bandung Smart Card ini sehingga segala transaksi sekarang bisa menghindari tunai,” imbuhnya.

Ridwan mewajibkan seluruh ASN Pemkot Bandung untuk memanfaatkan fasilitas BSC untuk segala kebutuhan. Ia berharap, Kota Bandung bisa menjadi percontohan penggunaan transaksi non-tunai di Indonesia.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X