Darmin: Dampak Pelemahan Lira terhadap Rupiah dan IHSG Hanya Sementara

Kompas.com - 13/08/2018, 14:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat acara HUT Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (25/7/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat acara HUT Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (25/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, pelemahan nilai lira turki terhadap rupiah maupun Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) hanya bersifat sementara. Sebab, ada hal-hal khusus yang terjadi di Turki yang seharusnya tidak berdampak ke negara-negara lain.

"Turki itu memang ada hal-hal yang khusus di sana sehingga dia terkena dampak yang tidak mesti berlaku kepada negara-negara lain," kata Darmin saat ditemui di Hotel Borobudur, Senin (13/8/2018).

Menurut Darmin, pelemahan lira disebabkan oleh persoalan antara negeri dua benua tersebut dengan Amerika Serikat (AS). Sebab, AS telah menaikkan tarif bea masuk untuk produk impor baja dan alumunium Turki.

Asal muasalnya, Turki melakukan penahanan terhadap pemuka agama AS karena dianggap ikut dalam aksi kudeta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu membuat pasar menganggap masalah tersebut cukup berat. Apalagi lira Turki merupakan salah satu mata uang dengan pelemahan nilai tukar yang besar.

"Sebenarnya bukan hanya rupiah (dampaknya), tetapi kepada semua emerging market. (Tetapi) sebenarnya euphoria saja. Menurut saya semestinya tidak berdampak. Aneh saja," tambah dia.

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Darmin: Dampak pelemahan lira Turki terhadap rupiah dan IHSG hanya sementara



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X