Resmikan BTS, Menteri Rini Berharap Bisa Dongkrak Ekonomi di Rote

Kompas.com - 13/08/2018, 19:55 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan BTS di Pulau Rote, NTT, Senin (13/8/2018). -KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan BTS di Pulau Rote, NTT, Senin (13/8/2018).

ROTE NDAO, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno meresmikan Base Transreceiver Station (BTS) tenaga surya untuk menunjang sistem telekomunikasi di Desa Oebela, Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Povinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Rini berharap dengan dibangunnya BTS ini mampu mendongkrak perekonomian di pulau terluar Indonesia. Selain itu, keberadaan BTS ini diharapkan dapat mempermudah warga Pulau Rote dan sekitarnya untuk memperoleh informasi.

"Pak Presiden selalu menekankan ke kami bagaimana kami harus bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah terdepan dari Indonesia. Justru bagian terdepan kita betul-betul harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena itu jendela pertama dari Indonesia," ujar Rini di lokasi peresmian, Senin (13/8/2018).

Rini menekankan, program dari perusahaan BUMN harus bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Dia pun mengapresiasi program pembangunan BTS di Pulau Rote ini.

"Ini adalah satu permulaan dari BUMN. Kami harapkan komitmen dari BUMN untuk terus membantu pertumbuhan ekonomi di area terdepan," kata Rini.

BTS yang dibangun tersebut menggunakan pembangkit listrik tenaga surya milik PT Surya Energi Indotama, anak usaha PT Len Industri (Persero).

PLTS sebagai sumber listrik utama perangkat telekomunikasi BTS di Desa Oebela memiliki kapasitas 4.680 watt peak yang terdiri dari 18 unit panel surya 260 watt peak, serta dilengkapi pula dengan 24 unit baterai di area lahan seluas 324 meter persegi.

Selain peresmian BTS, sembilan BUMN yaitu PT LEN Industri, BRI, Mandiri, BNI, PT PLN, PT Pegadaian, PT Pertamina, PT Telkom Indonesia dan PT ASDP Indonesia Ferry bersinergi memberikan bantuan bagi masyarakat di Desa Oebela sebagai bentuk kepedulian bagi perbaikan taraf hidup masyarakat sekitar.

Bantuan-bantuan yang diberikan berupa pembangnan lampu penerngan jalan umum yang memanfaatkan tenaga surya, pemberian pompa air, pemberian lampu sehen di rumah warga, layanan perbankan hingga sarana dan prasarana ibadah.

Tak lupa, bantuan juga diberikan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wilayah perbatasan sperti mesin genset, motor gerobak dan kompresor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X