Aksi Bersih-bersih Laut, KKP Targetkan Bisa Kumpulkan 73 Ton Sampah

Kompas.com - 14/08/2018, 05:19 WIB
Ilustrasi sampah plastik di pantai Utopia_88Ilustrasi sampah plastik di pantai

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) menargetkan bisa mengumpulkan puluhan ton sampah dari aksi bersih-bersih pantai Pandu Laut Nusantara pada 19 Agustus 2018 mendatang.

"Pada saat aksi nanti kita enggak tahu ada sampah berapa banyak, tetapi kalau bisa 73 ton itu baik. Satu ton sampah per lokasi," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti selepas jumpa pers di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Sebanyak 73 lokasi dari Aceh hingga Papua bakal menjadi tempat aksi bersih-bersih pantai tersebut. Nantinya, kata Brahmantya, KKP bakal menyediakan angkutan darat untuk membawa sampah yang diambil dari laut untuk dibawa ke TPA.

Persoalan sampah di laut memang masih menjadi momok di Indonesia. Sebuah penelitian yang dirilis University of Georgia menyebutkan bahwa Indonesia termasuk dalam 10 besar negara penyumbang sampah plastik terbanyak ke laut dengan perkiraan 0,48-1,29 juta metrik ton per tahun.

Baca juga: Bye Bye Plastic, Kisah 2 Gadis Muda Mewujudkan Bali Bebas Sampah Plastik

Untuk itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat aksi bersih-bersih laut pada 19 Agustus mendatang.

"Kalau enggak mulai dari sekarang kapan lagi, makanya kami imbau semua rakyat Indonesia dan anak-anak muda yang ingin Indonesia menuju poros maritim bersama-sama Pandu Laut menghadap ke laut pada 19 Agustus jam 13.00 WIB di 73 titik ataupun titik-titik perairan lainnya," jelas Susi.

Susi menambahkan, aksi tersebut tak hanya bisa dilakukan di laut, melainkan juga di sungai maupun danau.

Dalam aksi tersebut, Susi selaku Pembina Utama Pandu Laut Nusantara juga turut mengajak beberapa public figure seperti Kaka dan Ridho Slank, Andien, Hamish Daud, dan Kirana Larasati.

"Saya nanti pada tanggal 19 jam tiga sore ada di Bitung sekalian mengomandoi penenggelaman kapal. Saya akan melakukan di beberapa wilayah di Bitung sekalian bersih-bersih pantai. Kurang lebih nanti ada satu juta orang yang akan ikut aksi ini," kata Susi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X