Kadin: Dampak Pelemahan Lira Turki pada Ekspor-Impor Belum Terlihat

Kompas.com - 14/08/2018, 14:29 WIB
Ketua Komite Tetap Timur Tengah Kadin Indonesia, Mohammad Bawazeer. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKetua Komite Tetap Timur Tengah Kadin Indonesia, Mohammad Bawazeer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Indonesia belum melihat secara langsung dampak krisis mata uang Turki yang terukur terhadap aktivitas ekonomi Indonesia seperti ekspor dan impor.

Meski begitu, ia meyakini pelemahan lira akan berdampak pada perekonomian global.

"Ketika ekspor kita banyak ke Turki, jelas berpengaruh," ujar Ketua Komite Tetap Timur Tengah Kadin Indonesia Mohammad Bawazeer di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Namun, kata Bawazeer, selama ini impor lebih banyak dilakukan Turki ke Indonesia dengan memasok peralatan militer. Selain itu, komoditas lain seperti produser panas bumi juga diimpor ke Indonesia.

Sementara itu untuk beberapa komoditas di Indonesia yang diekspor ke Turki belum terlihat seberapa jauh dampaknya.

"Jadi sebenarnya dampak belum terlihat, tapi secara keekonomian pasti ada," kata Bawazeer.

Meski adanya krisis di Turki, hubungan diplomasi dengan Indonesia tetap baik. Bahkan, di negara-negara konflik di Timur Tengah pun ekspor dari Indonesia masih lancar.

Banyak yang menganggap perang di negara Timur Tengah akan berdampak buruk bagi ekspor Indonesia.

"Kadang dibodohi, ini susah karena perang dan berhenti. Justru mereka butuh barang sehari-hari," kata Bawazeer.

Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, penurunan nilai Lira terhadap dollar sudah terlihat dalam beberapa waktu terakhir. Sedikit banyak hal ini mempengaruhi perekonomian global, termasuk Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X