Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, Kemenaker Targetkan 1.000 Titik Balai Latihan Kerja Komunitas

Kompas.com - 14/08/2018, 19:11 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama penerima bantuan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas untuk tahun 2018 ke 75 lembaga tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dia mengungkapkan, tahun 2019 nanti jumlahnya akan meloncat hingga 1.000 titik.

“Namanya rintisan pasti jumlahnya tidak banyak. Tapi tahun 2019, akan loncat menjadi 1.000 titik. Program ini disokong langsung oleh Pak Presiden Jokowi,” ujar Hanif di Ruang Tridarma Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (14/8/2018).

Hanif mengatakan, bantuan pembangunan BLK Komunitas ini merupakan program rintisan di Kemnaker sejak tahun 2017. Tahun lalu, Kemenaker telah membangun BLK komunitas ke 50 lembaga dan di tahun 2018 bertambah 25 lembaga menjadi 75 lembaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hanif menuturkan, program BLK Komunitas ini mendapat sambutan dan apresiasi positif dari Presiden Joko Widodo. Hal tersebut ditunjukkan dengan Jokowi yang memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan memerintahkan untuk membangun 2.000 titik BLK Komunitas.

“Namun karena anggarannya terbatas dan harus difokuskan ke beberapa sektor yang dianggap prioritas, maka dari 2.000 yang diharapkan, akhirnya disetujui menjadi 1.000 dulu. Dengan meningkatnya jumlah pembangunan BLK Komunitas sebanyak 1.000 di tahun 2019, artinya akan ada 1.000 pesantren yang memiliki BLK Komunitas,” katanya.

Bantuan BLK Komunitas ini, sebut Hanif, konsep bantuannya berupa hibah dan akan dibina oleh Kemenaker.

“Karena hibah, maka nanti dikelola sendiri oleh pondok pesantren. Setelah dua tahun akan dilepas dan diserahkan pengelola. Yang penting dalam pengerjaan pembangunan BLK dijalankan sebaik-baiknya sesuai ketentuan. Mohon hati-hati karena anggaran pemerintah akan diaudit,” ucap Hanif.

Program bantuan Komunitas BLK saat ini ada empat kejuran yakni las, IT, otomotif (motor) dan menjahit. Adapun pada tahun 2019 karena akan ada 1.000 titik, maka pilihannya akan lebih variatif.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com