Kapitalisasi Pasar Dekati 1 Triliun Dollar AS, Amazon Segera Lampaui Apple

Kompas.com - 15/08/2018, 07:00 WIB
Aplikasi belanja Amazon Shopping di Android. IstimewaAplikasi belanja Amazon Shopping di Android.

NEW YORK, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Apple tidak lagi menjadi satu-satunya perusahaan yang mencapai kapitalisasi pasar 1 triliun dollar AS. Sebab, saat ini, Amazon telah bernilai 940 miliar dollar AS.

Harga saham Amazon melonjak 2 persen pada perdagangan Senin, (13/8/2018), mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. Harga saham Amazon hanya perlu untuk meningkat hingga 7 persen untuk bisa mencapai valuasi perusahaan senilai 1 triliun dollar AS.

Tahun ini, Amazon semakin agresif dalam ekspanasi bisnisnya. Nilai saham mereka melonjak hingga 65 persen di tahun 2018. Saham mereka melonjak hingga 65 persentahun 2018. Adapun peralatan kesehatan bisa jadi semakin memperluas pasar perusahaan ini. Sebab, Amazon telah mengakuisisi perusahaan farmasi online PillPack.

Analis pun memrediksi, penjualan Amazon akan melonjak sekitar 32 persen atau setara dengan 265 miliar dollar AS tahun ini. Sedangkan pendapatan persaham akan melonjak 3 kali lipat.

Namun, analis Wall Street tak yakin Amazon dapat bergerak melampaui Apple.

Baca: Trump Kejar Pajak Amazon

Berdasarkan data Thomson Reuters, Amazon menargetkan harga saham mereka mencapai 2.100 dollar AS per lembar saham, atau lebih tinggi 9,5 persen dari posisi harga saham mereka saat ini. Dengan harga saham tersebut, nilai kapitalisasi pasar Amazon dapat menyentuh 1,02 triliun dollar AS.

Sementara, Apple menargetkan harga saham mererka sebesar 216,4 dollar AS, yang akan membuat perusahaan mereka senilai dengan 1,05 triliun dollar AS.

Analis Forrester Research James McQuivey melaporkan, Amazon bisa saja melampaui Apple. Sebab, konsumen lebih menyukai perusahaan ritel online ini. Berdasarkan survei terakhir Forrester, konsumen lebih memercayai Amazon dibandingkan Apple.

Sebagai informasi, Apple dan Amazon bukanlah satu-satunya perusahaan yang mendekati nilai 1 triliun dollar AS.

Alphabet, induk perusahaan Google, serta Microsoft pun dapat segera mengejar Apple dan Amazon. Saat ini, kapitalisasi pasar Alphabet setara dengan 875 miliar dollar AS, sementara Microsoft senilai 840 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.