Investasi Kuartal II 2018 Turun, tapi Serapan Tenaga Kerja Bertambah

Kompas.com - 15/08/2018, 09:15 WIB
Para tenaga kerja yang diberdayakan dalam program padat karya tunai Kementerian PUPR di Kota Magelang, Rabu (2/5/2018). KOMPAS.com/IKA FITRIANA Para tenaga kerja yang diberdayakan dalam program padat karya tunai Kementerian PUPR di Kota Magelang, Rabu (2/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan bahwa besaran investasi pada kuartal II 2018 mengalami penurunan dibandingkan kuartal I 2018. Namun, di tengah itu realisasi penyerapan tenaga kerja justru mengalami kondisi sebaliknya.

Masuknya investasi pada kuartal II 2018 telah menyerap sebanyak 289.843 pekerja. Angka tersebut lebih tinggi dari kuartal I 2018 yang hanya 201.239 orang.

Rinciannya, sebanyak 133.602 orang pada proyek Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan 156.241 orang pada proyek Penanaman Modal Asing (PMA).

"Meskipun pertumbuhan investasi melambat, tetapi masih tetap dapat menyerap tenaga kerja Indonesia langsung yang cukup besar. Di sisi lain, terbukanya banyak peluang-peluang usaha yang mampu menyerap tenaga kerja Indonesia merupakan akibat dari adanya kegiatan investasi di sebuah daerah atau multiplier effect," jelas Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis, di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Adapun secara kumulatif, ?realisasi penyerapan tenaga kerja Indonesia? pada periode Januari-Juni 2018 mencapai 491.082 orang.

Rinciannya, dari proyek PMDN sebanyak 237.584 orang dan dari proyek PMA sebanyak 253.498 orang

"Penyerapan tenaga kerja Indonesia yang lumayan tinggi ini juga menjadi bukti semakin terbuka lebarnya peluang bagi mereka yang memiliki kemampuan atau keterampilan, terutama berkaitan dengan teknologi terkini," pungkas Azhar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.