Kementerian ESDM Sediakan Contact Center 136 untuk Layani Keluhan

Kompas.com - 15/08/2018, 10:31 WIB
Kementerian ESDM meluncurkan contact center ESDM 136 di Kantor ESDM, Jakarta, Rabu (15/8/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKementerian ESDM meluncurkan contact center ESDM 136 di Kantor ESDM, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan layanan contact center ESDM yang dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah dengan menekan nomor 136.

Layanan tersebut diharapkan mampu menjadi media komunikasi masyarakat agar lebih mudah mrnyampaikan keluhan, masukan, atau meminta informasi seputar ESDM.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Icon Plus yang merupakan anak perusahaan PLN dalam mengoperasikan contact center tersebut.

"Acara ini diharapkan akan jadi sarana promosi dan sosiasliasi agar masyarakat tahu adanya layanan contact center ini," ujar Ego saat membuka acara peluncuran "Halo ESDM" di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Diketahui, Icon Plus juga mengelola call center pada beberapa perusahaan BUMN di bawah Kementerian ESDM seperti PT Pertamina, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Perusahaan Gas Negara.

Ego mengatakan, adanya contact center ESDM tak menggantikan fungsi keberadaan call center di perusahaan-perusahaan tersebut. Justru keberadaannya untuk memperkuat layanan komunikasi yang telah ada sebelumnya.

"Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG tetap diutamakan melalui contact center ketiga BUMN tersebut," kata Ego.

Selain layanan melalui telepon ke ESDM 136, Contact Center ESDM juga mencakup layanan publik melalui Media Sosial seperti Twitter (@KementerianESDM), Facebook (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Instagram (@kesdm), maupun Youtube (Kementerian ESDM).

Contact Center ESDM 136 akan membantu penanganan pelayanan mayarakat terhadap ESDM seperti mulai dari pelayanan informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun informasi terkait dengan bencana geologi.

Untuk pertanyaan yang tidak bisa langsung terjawab saat itu juga, contact center akan menjawabnya kemudian melalui email atau telepon sebagai bentuk pelayanan yang responsif.

Contact Center ESDM 136 dikenakan biaya lokal. Sementara untuk masyarakat yang menelpon diluar area Jakarta tetap akan dikenakan biaya lokal, dan ESDM akan menanggung biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X