BI: Pelemahan Rupiah Lebih Baik dari India dan Rusia

Kompas.com - 15/08/2018, 17:35 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (11/7/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (11/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, dari awal tahun hingga bulan Juli 2018 posisi rupiah telah terdepresiai 7,04 persen. Angka tersebut lebih rendah dari India, Brazil, Afrika Selatan, dan Rusia.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, tekanan terhadap rupiah masih terjadi meskipun volatilitas telah menurun.

Secara point to point, rupiah melemah 3,94 persen pada kuartal II tahun 2018. Sedangkan pada bulan Juli 2018, rupiah telah melemah 0,62 persen.

"Perkembangan rupiah pada bulan Juli tersebut disertai dengan volatilitas yang menurun, meskipun dolar AS terus mengalami penguatan secara luas," ujar Perry ketika memberikan keterangan pers mengenai hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Gedung BI, Rabu (15/8/2018).

Di sisi lain, aliran modal asing telah kembali masuk ke pasar keuangan domestik pada semua jenis aset.

Perry menegaskan, dalam rangka menjaga stablitas pasar uang, BI tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan strategi intervensi ganda dan strategi pasar moneter.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kecukupan likuiditas khususnya di pasar uang rupiah dah valas.

BI pun menyediakan swap valas dengan tingkat harga yang lebih murah untuk meningkatkan minat peserta lelang di berbagai tenor dan menurunkan premi swap pasar.

"Misalnya dari 4,85 persen menjadi 4,62 persen untuk tenor 1 bulan dan dari 5,18 persen menjadi 4,96 persen untuk tenor 1 tahun," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.