Juli 2018, BTN Telah Salurkan KPR untuk 541.833 Rumah

Kompas.com - 16/08/2018, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memberi apresiasi bagi para pengembang yang dianggap sukses mendorong Program Satu Juta Rumah.

BTN Property Award 2018, kata Direktur Utama BTN Maryono, digelar untuk memacu semangat pengembang. Saat ini, BTN telah bermitra dengan 10.000 pengembang dan hingga Juli 2018, perseroan telah menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk 541.833 unit rumah.

Realisasi tersebut, lanjutnya, telah mencapai 72,24 persen dari target dukungan BTN atas Program Satu Juta Rumah.
 
Maryono menjelaskan untuk mencapai target sebanyak 750.000 unit rumah pada akhir 2018, perseroan terus menggelar berbagai langkah strategis baik di sisi ketersediaan pasokan hunian dan lahan (supply) maupun permintaan atau demand.

BTN Property Award yang telah memasuki tahun ke-6 ini, tambah dia, menjadi langkah BTN untuk meningkatkan sinergi dengan para pengembang sehingga akan mampu mendorong di sisi supply.
 
“Kami memberikan apresiasi bagi para pengembang dan mitra kerja di Tanah Air yang memiliki kualitas kerja dan profesionalisme tinggi dalam menyediakan rumah berkualitas. Kami meyakini kemitraan yang terjalin dengan baik ini akan mendukung pencapaian target Program Satu Juta Rumah pada akhir tahun nanti,” kata Maryono dalam pernyataannya, Kamis (16/8/2018).
 
Melalui BTN Property Award, ujar Maryono, juga menjadi upaya perseroan memacu semangat para pengembang untuk memanfaatkan relaksasi berbagai kebijakan di sektor properti yang diberikan Bank Indonesia dan Pemerintah, termasuk relaksasi loan to value (LTV) yang berlaku mulai 1 Agustus 2018.

“Berbagai relaksasi kebijakan tersebut menjadi peluang untuk meningkatkan sektor properti apalagi di tengah angka backlog yang masih tinggi," sebut Maryono.
 
Adapun, para pengembang yang memeroleh apresiasi dalam BTN Property Award tersebut dinilai dari kontribusinya bagi pertumbuhan kredit yang berkualitas di BTN.

Selain meningkatkan kemitraan, Maryono menyatakan BTN juga menggelar berbagai inisiatif lainnya untuk meningkatkan penyaluran KPR.
 
Perseroan memperkuat pemasaran melalui pameran dan kemitraan, meningkatkan lini digital untuk mempermudah pengajuan kredit melalui portal www.btnproperti.co.id, dan membuat portal www.rumahmurahbtn.co.id yang dapat diakses masyarakat yang ingin memiliki rumah lelang dengan harga yang lebih murah.

BTN pun mendirikan Plaza KPR dan HOTLINE KPR, mendirikan Housing Finance Center (HFC) untuk menciptakan pengembang handal, serta mendorong relaksasi ketentuan baik dalam kebijakan KPR, konstruksi, maupun dalam pengadaan lahan.

BTN juga berinisiatif meluncurkan KPR Mikro bagi para pekerja informal hingga para pengemudi ojek online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.