"Sebelum Ada Listrik dari PLN, Saya Pakai Lampu Minyak..."

Kompas.com - 16/08/2018, 17:17 WIB
Jajaran Direksi PT PLN (Persero) bersama warga Kabupaten Kepulauan Sangihe  yang diberikan bantuan elektrifikasi gratis, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (16/8/2018). KOMPAS.com/DEAN PAHREVIJajaran Direksi PT PLN (Persero) bersama warga Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diberikan bantuan elektrifikasi gratis, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (16/8/2018).

SANGIHE, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) berikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada 100 rumah di Sulawesi Utara dalam program BUMN (Badan Usaha Milik Negara) hadir untuk negeri.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat berupa elektrifikasi rumah tangga atau program pemasangan listrik secara gratis bagi masyarakat kurang mampu yang belum memiliki listrik PLN.

"Ini di berbagai daerah, jadi masyarakat yang masuk kategori perlu disubsidi itu penyambungan barunya (listrik) kita bisa bantu biaya penyambungannya," kata Syamsul kepada Kompas.com, Kamis (16/8/2018).

Selain berikan pemasangan listrik secara gratis, PLN juga berikan bantuan berupa uang kepada 100 pelanggan PLN yang masuk kategori subsidi sebesar Rp 2 juta.

"Jadi kita itu untuk bantuan instalasi pemasangan dan lain-lain itu semuanya 2 juta untuk pelanggan, itu untuk bayar dpnya, sertifikasi, pulsa dan lainnya," ujarnya.

Salah satu penerima bantuan penyambungan listrik secara gratis, Arfandi (25) mengatakan, rumahnya belum terlistriki PLN dan sebelumnya masih menumpang listrik dari tetangga sebelahnya.

"Sebelumnya listrik dapat dari tetangga sebelah (Pak RT) dan per bulan bayar Rp 50.000 untuk TV, kipas dan 2 lampu. Senang bisa dapat listrik dari PLN. Banyak nelayan yang lewat sini tapi kalau malam gelap. Kami mau kasih lampu di sini," ujar Arfandi.

Sementara warga lainnya, Ria (66) warga kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, mengaku bersyukur atas pemasangan listrik gratis tersebut.

“Sebelum ada listrik dari PLN, saya pakai lampu minyak, di rumah saya hanya ada lampu saja. Saya mengucap syukur terimakasih sekali kepada PLN akhirnya saya bisa merasakan adanya listrik,” kata Ria.

Adapun daerah Sulawesi Utara yang diberikan bantuan pemasangan listrik gratis oleh PLN ialah Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Siau.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X