Ada Asian Games 2018, Beban Puncak Listrik Jakarta Naik 5 Persen

Kompas.com - 16/08/2018, 20:18 WIB
Logo Asian Games 2018.
Inasgoc Logo Asian Games 2018.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Disjaya memprediksi adanya peningkatan beban puncak listrik di Jakarta selama perhelatan Asian Games 2018.

GM PLN Disjaya M Ikhsan Assaad menyatakan, beban puncak listrik Jakarta dalam kondisi normal adalah sekitar 5.000 megawatt (MW).

"Kita perkirakan saat acara (Asian Games 2018) akan meningkat sekitar 5 persen, jadi sekitar 5.250 MW," kata Ikhsan dalam pernyataannya, Kamis (16/8/2018).

Adapun beban puncak listrik di beberapa kota lain yang menjadi lokasi pertandingan Asian Games seperti Palembang, imbuh Ikhsan, mencapai sekitar 600 MW dan Bekasi 1.000 MW. Dengan demikian, ia memastikan pasokan listrik selama pesta olahraga tersebut aman.

Ikhsan menyampaikan, ada minimal 3 sumber tegangan yang disiapkan PLN dalam memfasilitasi Asian Games 2018 sejak setahun yang lalu. PLN pun menganggarkan dana sekitar Rp 5,7 triliun untuk menjamin pasokan listrik selama Asian Games 2018.

Menurut Ikhsan, Asian Games 2018 merupakan perhelatan besar dan membutuhkan kolaborasi semua elemen, baik di masyarakat maupun pemerintah. Oleh sebab itu, perseroan dalam dukungannya menjamin pasokan listrik selama pesta olahraga Asia tersebut.

 

 

 

Euforia masyarakat Indonesia menyambut Asian Games sangat terlihat pada menumpuknya masyarakat menyaksikan datangnya obor Asia Games.  

Tak bisa dipungkiri,  perhelatan besar ini terwujud sebagai kolaborasi semua elemen di masyarakat dan pemerintah.  Salah satunya,  yang memiliki peran sangat besar adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN).  

Tak kurang dari Rp5,7 triliun dana digelontorkan oleh PLN untuk menjamin pasukan listrik pada perhelatan Asian Games 2018 ini.

"Bukan hanya untuk stadion dan fasilitas untuk atlit yang kami jamin suplai listriknya.  Tapi juga untuk hotel dan rumah sakit rujukan,  kami jamin tidak akan ada kekurangan suplai listrik. Bahkan media pun,  kami persiapkan fasilitas kelistrikannya," kata GM PLN Disjaya,  M.  Ikhsan Assaad saat ditemui di Lokasi Etape 13 Obor Asian Games 2018 di Medan Merdeka Jakarta,  Kamis (16/8).

Ikhsan menyampaikan bahwa ada minimal 3 sumber tegangan yang disiapkan dalam memfasilitasi Asian Games 2018 sejak setahun yang lalu.

"Beban puncak Jakarta itu sekitar 5.000 Megawatt,  kita perkirakan saat acara akan meningkat sekitar 5 persen,  jadi sekitar 5.250 Megawatt.  Kalau Palembang,  itu sekitar 600 Megawatt dan Bekasi itu 1.000 Megawatt.  Jadi aman lah," ujar Ikhsan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X