Menhub soal Bangun Bandara Gandeng Swasta: Tolong Dicatat, KPBU Itu Bukan Menjual!

Kompas.com - 16/08/2018, 22:08 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya menghadiri sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2017). Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato, yakni pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke 73. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIMenteri Perhubungan Budi Karya menghadiri sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2017). Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato, yakni pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke 73.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pembangunan bandara, pelabuhan dan terminal menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). alias kerja sama dengan pihak swasta

Skema kerja sama dengan swasta tersebut membuat pembangunan-pembangunan infrastruktur tidak hanya mengandalkan dana dari APBN semata.

"Yang paling signifikan kami tentunya mengupayakan project KPBU. Tercatat ada 15 bandara, 20 pelabuhan, 5 terminal yang kita lakukan upaya KPBU," ujar Budi dalam konferensi pers RAPBN 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Budi menegaskan, dengan skema KPBU pemerintah bukannya menjual proyek infrastruktur tersebut.

Baca juga: Menhub Dorong Swasta Kolaborasi Bangun Bandara dan Pelabuhan

"Tolong dicatat, KPBU itu bukan menjual, tapi hanya mengerjasamakan konsesi dalam waktu tertentu. Biasanya 20 sampai 30 tahun," sambungnya.

Budi menambahkan, dengan skema KPBU pihaknya tak mengandalkan APBN dalam membangun proyek infrastruktur bandara, pelabuhan dan terminal.

"Dengan itu kami bisa melakukan efisiensi lebi dari Rp 1 triliun. Insya Allah kinerjanya pun akan lebih baik," kata Budi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X