Genjot Geliat Bisnis di Tahuna, PLN Pastikan Aliran Listrik Tercukupi

Kompas.com - 17/08/2018, 16:38 WIB
Jajaran Direksi PT PLN (Persero) bersama warga Kabupaten Kepulauan Sangihe  yang diberikan bantuan elektrifikasi gratis, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (16/8/2018). KOMPAS.com/DEAN PAHREVIJajaran Direksi PT PLN (Persero) bersama warga Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diberikan bantuan elektrifikasi gratis, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (16/8/2018).

SANGIHE, KOMPAS.com - Dalam upaya meningkatkan geliat bisnis di Kabupaten Kepulauan Sangihe, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pastikan aliran listrik untuk sektor industri tercukupi di Tahuna.

General Manager PLN Wilayah Sulutenggo Edison Sipahutar mengatakan dengan daya mampu kelistrikan yang dimiliki, pihaknya siap penuhi kebutuhan listrik yang ada di Tahuna.

"Saat ini, daya mampu kelistrikan di Area Tahuna adalah 31,72 MW dengan beban puncak sebesar 15,09 MW. Ini menunjukkan bahwa PLN siap melayani kebutuhan listrik Tahuna. Sementara jumlah pelanggan PLN di Kab. Kepulauan Sangihe adalah 76.304 pelanggan," kata Edison Kepada Kompas.com, Kamis (16/8/2018).

Kini setidaknya terdapat 9 pelanggan bisnis baru yang menikmati listrik PLN dengan total daya 1.487 kVa. Edison menambahkan, pihaknya terus mendukung perkembangan ekonomi di Tahuna.

"Kita akan terus mendukung perkembangan ekonomi Sulawesi termasuk di Tahuna, yang perekonomiannya didukung oleh listrik PLN," tambah Edison.

Lalu, salah satu pelanggan bisinis PLN di Tahuna, Yance yang merupakan Kepala Petugas PT Anugerah Dynasti Sakti l, mengatakan dengan menggunakan listrik PLN, ongkos produksi yang dikeluarkan perusahaannya menjadi lebih murah.

“Biasa untuk membuat mix asphalt kita pakai solar 500 liter sehari, jadi untuk produksi sekitar 200 juta rupiah per bulan, dengan listrik PLN ini sebulan sekitar Rp 32 juta,” Kata Yance.

Yance menjelaskan pihaknya baru 3 bulan menggunakan listrik PLN dan sudah mendapatkan keuntungan yang besar. Lalu dia mengaku hasil produksi yang dihasilkan perusahaannya pun menjadi lebih optimal.

"Pakai listrik PLN untungnya jadi lebih besar buat kita karena lebih hemat. Produksi kita jadi lebih optimal, pasokannya pun jauh lebih andal, pokoknya jadi terjamin," jelas Yance.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X