Naik KRL, Menteri Rini Kritik Kebersihan Jalur Kereta Jakarta-Bogor - Kompas.com

Naik KRL, Menteri Rini Kritik Kebersihan Jalur Kereta Jakarta-Bogor

Kompas.com - 18/08/2018, 09:58 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno menyapa penumpang naik commuter line jurusan stasiun Bogor.KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Menteri BUMN Rini Soemarno menyapa penumpang naik commuter line jurusan stasiun Bogor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menganggap perlu adanya pembenahan lingkungan di sepanjang jalur kereta dengan relasi Bogor-Jatinegara dan Bogor-Kota.

Menurut dia, pemandangan sepanjang jalur kereta terlihat kumuh dan tak sedap dipandang. Apalagi di jalur dekat stasiun Bogor terdapat sejumlah tumpukan sampah.

"Saya mau ngelihatin jalur ini kan suka bermasalah di kiri dan kanan. Kiri dan kanan (jalur) harus bersih," ujar Rini saat ditemui di atas kereta arah Bogor, Sabtu (18/8/2018).

Rini mengajak jajaran direksi BUMN dan pimpinan perusahaan BUMN untuk menyusuri jalur kereta arah Bogor. Sesekali ia menunjuk-nunjuk ke arah luar kereta, memperlihatkan kondisi sepanjang rel yang terlihat kumuh.

"Liat tuh, ini kan semua kotor. Ini tanggung jawab kita," kata Rini kepada sejumlah direksi perusahaan BUMN.

"Aku lihat sampah tumpuk-tumpukan kesal. Ini kotor enggak karuan," lanjut dia.

Rini mengusulkan agar sepanjang jalur kereta api ditutup dengan papan sehingga menghalangi pemandangan di baliknya. Dengan demikian penumpang lebih nyaman melihat pemandangan di luar.

Selain itu, Rini ingin agar masyarakat di sekitar rel juga menjaga kebersihan agar enak dipandang.

"Nanti kita koordinasi dengan Pemdanya. Supaya masyarakat yang ke Bogor enggak lihat itu," kata dia.

Selama perjalanan, Rini menyapa penumpang dan melayani foto bareng. Tak hanya itu, ia juga melempar pertanyaan kepada beberapa penumpang secara random.

"Bapak tahu enggak, BUMN yang ngurusin listrik?" tanya Rini ke salah satu penumpang.

"PLN," sahut penumpang tersebut.

Karena menjawab benar, penumpang tersebut mendapat kartu Brizzi edisi Asian Games 2019 berisi saldo Rp 250.000. Pertanyaan lainnya juga diutarakan kepada penumpang lain.



Close Ads X