Mengintip Peluang Usaha Bisnis Hotel Kapsul

Kompas.com - 20/08/2018, 07:09 WIB
Hotel Kapsul Bandara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Angkasa Pura IIHotel Kapsul Bandara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com - Pamor hotel kapsul yang tengah naik daun tak ingin disia-siakan begitu saja oleh startup Bobobox. Setelah merilis hotel kapsul pertamanya di kawasan Pasir Kaliki, Bandung, kini Bobobox menawarkan kemitraan waralaba bagi investor yang berminat masuk ke bisnis hotel kapsul.

Hafidz Syahrial, Partnership Executive Bobobox mengatakan hanya dengan anggaran Rp 1,5 miliar-Rp 5 miliar sudah bisa memiliki 16 kamar hotel kapsul. Pembangunnya bisa dilakukan di tanah kosong ataupun ruko.

“Luasan minimalnya bisa 225 meter persegi (m²). Ruko tiga lantai berukuran 5 x 15 m sudah bisa,” sebutnya.

Selain kamar kapsul, nantinya investor juga bisa mendapatkan lobi, ruang publik, kamar mandi, pelatihan pegawai, desain hingga pemasaran. Jika dibandingkan hotel bintang, proses pengembangannya hanya akan memakan waktu 3 bulan-5 bulan.

Baca juga: Hotel Kapsul di Terminal 3 Bandara Soetta Beroperasi 10 Agustus 2018

Bobobox memperhitungkan dalam waktu tiga tahun dua bulan sampai tiga tahun enam bulan sudah bisa mencapai break event point.

Meski harganya relatif lebih miring tetapi Hafidz menyakini konsep hotel kapsul yang ditawarkannya ini tidak sama dengan lainnya. Unsur teknologi akan menjadi andalan mengadapi persaingan. Proses check in bisa dilakukan dalam waktu dua menit.

Menurut dia, target market hotel kapsul Bobobox adalah kalangan milenial dan bisnis traveler. Pangsa pasar itu dinyakini akan tertarik.

Dalam tiga bulan terakhir, 62 kapsul hotel Bobobox di Bandung tingkat okupansinya sudah mencapai 90 persen.

Sementara peminat waralaba sudah sekitar 15 pihak yang mengaku tertarik. Tak hanya dari dalam negeri, investor asing juga mulai berdatangan.

Hafidz menargetkan, sampai akhir tahun bisa menggandeng mitra untuk membuka 15 hotel kapsul lagi. Lokasinya bisa tersebar di Jakarta dan di luar Jakarta. “Dalam waktu dekat bisa kemungkinan yang siap di Jakarta, Bali, dan Tokyo," sebutnya.

Tarif hotel Bobobox dibanderol mulai Rp 150.000. Untuk aplikasi di hari biasa Rp 150.000 dan di online travel agent menjadi Rp 178.000. Sedangkan di akhir pekan di aplikasi Rp 220.000 dan di online travel agent Rp 228.000. (RR Putri Werdiningsih)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bobobox tawarkan waralaba hotel kapsul


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X