Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 60 Juta Orang Belum jadi Peserta BPJS Kesehatan, Mayoritas Pekerja Informal dan Millenial

Kompas.com - 20/08/2018, 20:24 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sekitar 200 juta orang.

Sementara itu, masih ada 50-60 juta orang yang belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

"Bisa kita pastikan sebagian besar pekerja non informal, dan generasi milenial yang kerja di sektor less formal, enterpreneur" ujar Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso, Senin (20/8/2018).

Hal ini disebabkan minimnya risiko dalam pekerjaan dan profil kesehatan yang cukup baik. Biasanya orang sehat cenderung yakin bahwa kondisinya akan terus baik sehingga mengabaikan asuransi.

Padahal, kata Kemal, jika 50 juta-60 juta orang itu menjadi peserta, maka akan menambah anggaran BPJS dalam menutup penanganan kesehatan.

"Kalau yang sehat tidak masuk ke dalam sistem, maka beban BPJS yang menanggungnya semakin besar," kata Kemal.

Kemal mengatakan, saat ini 55 persen iuran yang diterima BPJS kesehatan beradal dari non APBN. Artinya, anggaran beraal dari korporasi, imdividu, dan juga rumah sakit. Ke depannya, BPJS kesehatan mendorong masyarakat untuk mampu mendorong sistem ini karena anggaran dari APBN terus menurun.

Oleh karena itu, ia berharap warga yang belum tergabung sebagai peserta JKN-KIS untuk mendaftar sehingga menambah iuran yang masuk. Namun, Kemal mengaku tak ada strategi khusus untuk menggaet mereka.

"Mita kerja keroyokan saja. Jadi kalau saya dituntut strategi revolusioner, tidak. Sekarang strategi gotong royong saja," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com