Berani Main Saham Gorengan, Investor Harus Berani "Cut Loss"

Kompas.com - 21/08/2018, 07:36 WIB
Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -  Analis Senior Narada Asset Management Kiswoyo Adi Joe menganjurkan investor untuk menjauhi saham-saham yang terindikasi saham gorengan.

Sementara bagi trader yang berani lakukan cut loss, bermain di saham gorengan masih memungkinkan.

"Tapi kalau tidak berani cut loss, jangan beli saham gorengan," tandas Kiswoyo seperi dikutip dari Kontan.co.id, (Senin (20/8/2018).

Menilik saham gorengan, tidak melulu dilihat dari kategori market cap atau kapitalisasi pasar yang kecil. Direktur Investa Saran Mandiri, Hans Kwee mengungkapkan, memilih saham harus bermodalkan fundamental.

Baca juga: Ini Tiga Saham yang Terindikasi Saham Gorengan

Untuk terhindar dari jebakan saham gorengan, investor perlu mencari tahu saham yang akan dibeli. Misalnya, meliputi bisnis dan fundamental dari emiten saham tersebut.

"Saham yang mendadak naik banyak, kalau tidak jelas, hati-hati (saham) gorengan. Selanjutnya, investor perlu tahu penyebab kenaikan saham tersebut," kata Hans.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pekan lalu, 21 saham terindikasi sebagai saham gorengan siselidiki oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Kristian Sihar Manullang
penetapan adanya indikasi saham gorengan atau semu dilihat dari fix allotment-nya. Dia menyebut, saham yang terindikasi saham gorengan adalah saham yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam tempo yang singkat.(Intan Nirmala Sari)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Analis: Main saham gorengan, harus berani cut loss


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.