Sri Mulyani: Tahun Politik, yang Politik Tetap Politik, yang Jaga APBN Tetap Dilakukan

Kompas.com - 21/08/2018, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin Kementerian Keuangan tetap bekerja seperti biasa dan tidak akan terpengaruh dengan dinamika yang terjadi sepanjang tahun politik.

Hal itu disampaikan untuk memberikan kepastian bahwa Kementerian Keuangan tetap pada tugas pokoknya, terutama dalam hal pengumpulan pajak dan menjaga momentum ekonomi dengan berbagai tantangan dari internal maupun eksternal.

"Tiap tahun selalu ada tahun politik. Tahun politik, ya yang politik tetap politik, yang bekerja untuk mengumpulkan dan menjaga APBN, ya tetap kami lakukan," kata Sri Mulyani seperti tertera dalam keterangan tertulis di laman kemenkeu.go.id, Selasa (21/8/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, salah satu strategi yang ditempuh dalam hal memaksimalkan penerimaan pajak adalah reformasi Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kerja sama juga diarahkan pada program Automatic Exchange of Information (AEoI) yang dimulai tahun ini untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.

Baca juga: Jadi Tim Sukses Jokowi-Maruf, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Meski berada dalam tahun politik, Sri Mulyani berharap penerimaan pajak bisa lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi. Hal itu dilakukan dengan tetap menjaga momentum bisnis agar tetap seimbang sehingga penerimaan pajak bisa lebih optimal dari tahun-tahun sebelumnya.

Sri Mulyani sebelumnya juga menegaskan bahwa dia tetap fokus mengurus ekonomi Indonesia di tengah berbagai tantangan global. Hal itu sekaligus merupakan amanat langsung dari Presiden Joko Widodo. Sebelumnya ramai diberitakan nama Sri Mulyani masuk dalam daftar anggota dewan pengarah tim sukses Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.