Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Tahun Politik, yang Politik Tetap Politik, yang Jaga APBN Tetap Dilakukan

Kompas.com - 21/08/2018, 14:04 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin Kementerian Keuangan tetap bekerja seperti biasa dan tidak akan terpengaruh dengan dinamika yang terjadi sepanjang tahun politik.

Hal itu disampaikan untuk memberikan kepastian bahwa Kementerian Keuangan tetap pada tugas pokoknya, terutama dalam hal pengumpulan pajak dan menjaga momentum ekonomi dengan berbagai tantangan dari internal maupun eksternal.

"Tiap tahun selalu ada tahun politik. Tahun politik, ya yang politik tetap politik, yang bekerja untuk mengumpulkan dan menjaga APBN, ya tetap kami lakukan," kata Sri Mulyani seperti tertera dalam keterangan tertulis di laman kemenkeu.go.id, Selasa (21/8/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, salah satu strategi yang ditempuh dalam hal memaksimalkan penerimaan pajak adalah reformasi Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kerja sama juga diarahkan pada program Automatic Exchange of Information (AEoI) yang dimulai tahun ini untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.

Baca juga: Jadi Tim Sukses Jokowi-Maruf, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Meski berada dalam tahun politik, Sri Mulyani berharap penerimaan pajak bisa lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi. Hal itu dilakukan dengan tetap menjaga momentum bisnis agar tetap seimbang sehingga penerimaan pajak bisa lebih optimal dari tahun-tahun sebelumnya.

Sri Mulyani sebelumnya juga menegaskan bahwa dia tetap fokus mengurus ekonomi Indonesia di tengah berbagai tantangan global. Hal itu sekaligus merupakan amanat langsung dari Presiden Joko Widodo. Sebelumnya ramai diberitakan nama Sri Mulyani masuk dalam daftar anggota dewan pengarah tim sukses Jokowi-Ma'ruf Amin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com