Kompas.com - 23/08/2018, 18:16 WIB
Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR) THINKSTOCKS/SARINYAPINNGAMIlustrasi kredit pemilikan rumah (KPR)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren kenaikan suku bunga kredit tidak menghalangi perbankan untuk terus menggenjot penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR).

Salah satu bank pemain bisnis KPR yakni PT Bank Central Asia Tbk, menyebut sejauh ini pihaknya telah menyesuaikan tingkat suku bunga dengan pasar.

Kepala Divisi Bisnis Kredit Konsumer BCA Felicia Mathelda Simon per Agustus 2018 lalu perseroan telah menetapkan bunga KPR promo per 1 Agustus 2018 sebesar 6,58 persen tetap (fixed) selama tiga tahun.

Dengan menjaga bunga promo tetap rendah, pihaknya optimistis bisnis kredit perumahan bisa terdongkrak naik hingga akhir tahun. "Target pertumbuhan KPR tahun ini 10 persen sampai 12 persen," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (23/8).

Meski tingkat suku bunga terus naik didorong dari kenaikan bunga acuan Bank Indonesia (BI). BCA optimistis rasio kredit bermasalah alias non performing loan (NPL) KPR dapat terjaga.

Meski naik sedikit, per Juni 2018 NPL KPR BCA tetap terjaga di level 1,4 persen. Felicia juga mengakui, bahwa secara industri NPL memang bergerak naik.

Fenomena tersebut terbilang wajar, lantaran pertumbuhan kredit juga terus tumbuh alhasil resiko kredit bergerak naik.

Sebagai catatan saja, sampai dengan kuartal II 2018 lalu total realisasi KPR BCA mencapai Rp 74,55 triliun. Jumlah tersebut naik 4 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya Rp 71,66 triliun.

Dalam menjaga NPL agar tetap rendah, bank swasta terbesar di Indonesia ini juga sudah menyiapkan beragam amunisi.

Salah satunya, dengan meningkatkan upaya penagihan kepada nasabah. Terutama untuk pembayaran angsuran yang sudah jatuh tempo baik melalui telepon maupun kunjungan langsung ke lokasi nasabah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.