Sistem Transportasi Singapura Terbaik di Dunia

Kompas.com - 24/08/2018, 06:00 WIB
Ilustrasi MRT Singapura BengLimIlustrasi MRT Singapura

SINGAPURA, KOMPAS.com - Sistem transportasi di Singapura disebut merupakan yang terbaik di dunia.

Hal ini berdasarkan sebuah laporan yang dirilis biro konsultan global McKinsey. Dalam laporan tersebut, Singapura memiliki sistem transportasi terbaik dan paling terjangkau di antara 24 kota utama dunia.

Laporan tersebut mengevaluasi sistem transportasi di 24 kota, termasuk di antaranya adalah Hong Kong, New York, dan London. Sistem transportasi yang dimaksud menjangkau seluruh moda, antara lain sistem transportasi pribadi, umum, berbagi (shared transportation), sepeda, dan jalan kaki.

Mengutip Business Insider, Jumat (24/8/2018), dalam hal keterjangkauan transportasi publik, Singapura berada pada peringkat teratas. Demikian pula dalam hal efisiensi dan keamanan transportasi.

Singapura juga mencatat nilai tinggi untuk keberlangsungan sistem transportasi publik. Singapura disebut memiliki salah satu sistem transportasi publik teraman di dunia dan berkesinambungan secara ekologis.

Sistem tiket di Singapura dengan menggunakan kartu EZ-Link, dalam laporan tersebut juga dianggap lebih fleksibel dan nyaman digunakan oleh masyarakat dibandingkan di negara-negara lainnya.

Kenyamanan dalam berkendara dan bepergian, layanan transportasi listrik, serta infrastruktur jalan yang dimiliki Singapura juga membuat negara tersebut berada pada peringkat 10 teratas di antara kota-kota yang dijadikan tolok ukur.

Laporan tersebut juga berdasarkan pada survei terhadap 400 orang warga di setiap kota untuk mengetahui seberapa puas mereka dengan opsi-opsi mobilitas yang tersedia, termasuk juga apakah sistem transportasi berubah untuk menjadi lebih baik. Lebih dari 30 orang pakar transportasi juga dimintai pendapatnya untuk menganalisis hasil.

Lebih dari 80 persen warga yang disurvei di Singapura menyatakan mereka puas dengan kondisi transportasi publik secara keseluruhan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan kepuasan transportasi pribadi, yakni 71 persen.

"Singapura telah menciptakan sistem transportasi publik terbaik, yang mudah diakses, efisien, nyaman, berkelanjutan, dan pada saat yang sama terjangkau," tulis McKinsey dalam laporannya itu.

Laporan yang dirilis McKinsey tersebut pun juga menemukan bahwa warga Singapura yang disurvei sangat puas dengan aspek-aspek yang dianalisis. Mereka paling puas dengan layanan transportasi listrik dan evolusi transportasi di Singapura.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X