Jembatan Holtekamp Jayapura Dipastikan Rampung Desember 2018

Kompas.com - 24/08/2018, 14:16 WIB
Jembatan Holtekamp Kementerian PUPRJembatan Holtekamp

JAYAPURA, KOMPAS.com - Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua diperkirakan akan rampung pada bulan Desember 2018.

Saat ini, pembangunan jembatan tersebut sudah mencapai 99,64 persen. Akan tetapi, masih menunggu akses jalan ke Holtekamp untuk bisa diresmikan dan digunakan masyarakat.

"Insya Allah ini yang jembatannya sudah selesai penuh, tetapi akses jalan aksesnya dari Jayapura maupun yang masuk ke Holtekamp itu mungkin baru selesai Desember," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno, di Holtekamp, Jayapura, Papua, Jumat (24/8/2018).

Rini mengungkapkan, pihaknya berharap jembatan tersebut dapat segera tersambung. Dengan demikian, jembatan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk Toha Fauzi pembangunan jembatan ini relatif tidak memiliki masalah dan pembangunan bisa dilakukan secara cepat.

Hanya saja, metode pembangunan ini sempat diubah karena area jembatan tersebut merupakan area gempa.

"Tantangan awalnya karena di sini area gempa sehingga metodenya kita ubah. Erection (pemasangan)-nya biasanya di daerah sini pabrikasinya di Surabaya kita bawa ke sini. Memang yang berisiko paling tinggi itu pada saat melakukan pengangkutan dari Surabaya," kata dia.

Dalam pembangunannya, proyek ini meraih dua rekor dunia sebagai pengiriman rangka baja pelengkung bagian tengah secara utuh dengan jarak terjauh yaitu 3.200 km.

Rekor lainnya adalah rekor dunia untuk pengangkatan dan pemasangan rangka baja jembatan dalam bentuk utuh terpanjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.