Ini Keistimewaan Jembatan Holtekamp yang Akan Jadi Ikon Jayapura

Kompas.com - 24/08/2018, 17:04 WIB
Jembatan holtekamp yang akan jadi ikon Jayapura KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI Jembatan holtekamp yang akan jadi ikon Jayapura

JAYAPURA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua, Jumat (24/8/2018).

Jembatan yang menghabiskan dana Rp 943,6 miliar ini memiliki karakteristik khusus, yaitu bentangan jembatan dengan material baja yang dibuat di PT PAL Indonesia (Persero).

"Kemudian dari PT PAL di Surabaya kita tarik ke Jayapura, yang memakan waktu 17 hari. Jadi dengan pembangunan ini dilakukan menjadi lebih cepat," ujar Rini saat meninjau.

Jembatan ini memiliki dua lengkungan merah yang ada di atasnya sepanjang 112,5 meter. Dengan tinggi 20 meter, lebar 26 meter dan berat 2000 ton yang dipasang oleh PT PAL.

Biasanya, kata Rini, jika bentangan jembatan dibangun di lokasi akan memakan waktu lebih dari 6 bulan. Namun karena dikerjakan di PT PAL, waktunya kurang dari 6 bulan.

"Dengan kita melakukan ini sinergi BUMN, bentangannya dibangun di PT PAL maka jembatan ini bisa lebih cepat. Kurang dari 6 bulan. Utamanya yang saya bangga bahwa ini betul-betul desain dari anak-anak bangsa, insinyur-insinyur Indonesia sendiri," ungkapnya.

Rini menyebut pembangunan jembatan holtekamp ini merupakan sinergi dari beberapa BUMN diantaranya PT PP (Persero), PT Hutama Karya (Persero), PT Nindya Karya (Persero), dan PT Pal.

Jembatan ini dibangun sebagai solusi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Jayapura.

Juga untuk mempersingkat waktu tempuh dari Kpta Jayapura menuju distik Muara Tami dan PLBN Skouw. Jembatan berwarna merah ini pun nantinya akan dijadikan sebagai landmark atau ikon baru Papua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.