Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BEI: Investor Lokal Topang Pasar Saham

Kompas.com - 24/08/2018, 21:29 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah sentimen eksternal yang cenderung negatif, investor lokal dinilai sudah menjadi penopang kinerja Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Kita lihat, sebenarnya investor asing cenderung keluar. Namun, transaksi investor lokalnya cukup bagus, intinya tidak seperti asing yang cenderung keluar," ujar Direktur Utama BEI Inarno Djajadi di Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Menurut dia, frekuensi transaksi di pasar saham domestik saat ini relatif masih cukup bagus, bahkan lebih tinggi dibandingkan bursa saham Thailand.

"Frekuensi cukup tinggi sekitar 390.000 transaksi per hari. 'Which is' itu di atasnya Thailand, di ASEAN  kita mungkin yang tertinggi," sebutnya.

Baca juga: Bursa Eropa Rontok Terdampak Krisis Mata Uang Turki

Inarno mengatakan, frekuensi transaksi yang tinggi itu menunjukkan bahwa industri pasar modal secara fundamental masih kuat meski dibayangi sentimen negatif eksternal.

"Masih baik, tetapi kita juga tidak bisa terlepas dari faktor eksternal. Ada kejadian di luar dapat juga berdampak ke pasar kita," ucap dia.

Kendati demikian, Inarno menambahkan pelaku pasar modal tidak perlu khawatir karena pemerintah cukup tanggap mengantisipasi sentimen negatif eksternal yang dapat mempengaruhi pasar keuangan di dalam negeri.

"Kita tidak bisa melakukan apapun terhadap eksternal. Pemerintah sudah cukup tanggap melakukan sesuatu yakni dengan mengendalkan impor. Dan Bank Indonesia juga cukup tanggap mengantisipasi dollar AS dengan menaikan suku bunga," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com