Menteri BUMN Resmikan 16 Proyek Strategis di Kawasan Indonesia Timur

Kompas.com - 25/08/2018, 15:50 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno saat berada di Jayapura, Jumat (24/8/2018) KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI Menteri BUMN Rini Soemarno saat berada di Jayapura, Jumat (24/8/2018)

JAYAPURA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meresmikan 16 proyek strategis nasional (PSN) di Kawasan Timur Indonesia, Jayapura, Papua pada Jumat (24/08/2018).

Sebanyak 16 proyek yang dibangun PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) ini menelan dana Rp 2,153 triliun. Diharapkan, keberadaannya bisa mempercepat konektivitas laut dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur.

“Ini sebuah pencapaian yang besar dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun. Pembangunan pelabuhan-pelabuhan akan membantu masyarakat terutama dalam mendorong konektivitas laut dan daya saing di wilayah Timur Indonesia," tuturnya.

Ke-16 proyek yang diresmikan tersebut merupakan proyek-proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun PT Pelindo IV (Persero), terdiri dari lima pelabuhan di Papua, lima pelabuhan di Pulau Sulawesi, empat pelabuhan di Pulau Kalimantan dan dua pelabuhan di wilayah Ambon dan Ternate.

Lima pelabuhan di Papua yaitu Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Biak, Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Manokwari. Kemudian lima pelabuhan di Pulau Sulawesi adalah Pelabuhan Kendari, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Pare-pare dan Pelabuhan Gorontalo.

Dua pelabuhan di wilayah Maluku dan Ternate adalah Pelabuhan Ambon dan Pelabuhan Ternate dan empat pelabuhan di Pulau Kalimantan adalah Pelabuhan Balikapapan, Pelabuhan Tarakan, Pelabuhan Nunukan dan Pelabuhan Sangatta.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung menuturkan PSN ini dibangun dengan menggunakan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) dan internal perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di antaranya delapan PSN yang menggunakan anggaran PMN sebesar Rp 1,3 triliun dan sisanya menggunakan internal perusahaan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.