Sambut Industri 4.0, Pengusaha Diimbau Jaga Kualitas Produk

Kompas.com - 25/08/2018, 17:02 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Perwakilan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya Ramadhani Tegar P mengatakan, menuju Industry 4.0., para pelaku usaha mensti menyiapkan amunisi mereka untuk menghadapi saat-saat itu nanti.

Di antara adalah teknologi, konsep sistem, paradigma berpikir dan tak lupa adalah kualitas produk yang mumpuni dari hasil usahanya.

“Industry 4.0 berhubungan dengan teknologi, konsep sistem dan paradigma berpikir pengusahanya,” ujar Ramadhani di acara The Big Start Indonesia Surabaya, Jumat (24/8/2018).

Dirinya menjelaskan, Industry 4.0 adalah tantangan yang tidak bisa dihindari oleh para pelaku usaha terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelaku usaha terutama UMKM mesti beradaptasi dengan perkembangan industri yang makin mesra geliatnya dengan teknologi.

Gebrakan mengenai produk yang diusung menjadi suatu keharusan, agar dapat dikenal dan bertahan dengan pasar yang begitu besar di Indonesia.

“Sebetulnya sudah tantangan di depan mata (Industry 4.0), tantangan yang wajib kita benar-benar hadapi. Harus ada gebrakan yang harus kita siapkan,” tutur Ramadhani.

Ramdhani bersyukur, saat ini sudah banyak pengusaha dan pelaku pasar sadar betapa pentingnya teknologi untuk membantu produk semakin dikenal luas.

Dia pun menjelaskan, salah satu pola pikir yang sering salah kaprah adalah dalam memulai berbisnis. Jika ingin memulai menjadi pebisnis, pelaku usaha juga tidak boleh asal-asalan dengan produk awalnya. Dalam berbisnis juga, visi dan tujuan pemilik mendirikan juga penting untuk dipikirkan oleh pengusaha.

“Pelaku usaha harus bisa menjaga kualitas hasil produknya sesuai dengan standar yang diterapkan,” jelas Ramadhani.

Dia menambahkan, sebagai onwer atau pemilik bisnis sebenarnya tidak perlu terjun langsung mengerjakan semuanya. Namun, menjaga kualitas hasil produk sesuai standar adalah kewajiban. Tidak boleh ada celah, hal itu agar produk usaha tetap diminati konsumennya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X