Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Rel Ganda Sukabumi-Bogor Terkendala Pembayaran Uang Kerahiman Lahan

Kompas.com - 25/08/2018, 17:34 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Pembangunan rel ganda Sukabumi-Bogor seksi Cicurug-Cigombong masih terkendala lahan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah masih berusaha membebaskan lahan untuk pembangunan proyek tersebut.

"Lahan untuk tahap pertama ini kita hanya memberikan uang kerahiman karena itu adalah tanah-tanah kita (pemerintah)," ujar Budi Karya saat berkunjung ke lokasi proyek rel ganda Sukabumi-Bogor, Sabtu (25/8/2018).

Namun demikian, proses pembayaran uang kerohiman itu masih belum dilakukan lantaran masih menunggu keputusan dari (Pejabat) Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan.

Terkendalanya proses pembayaran uang kerahiman tersebut pun berimbas pada minimnya progres pembangunan rel ganda Sukabumi-Bogor seksi Cicurug-Cigombong sepanjang tujuh kilometer.

"Progresnya saat ini 10 persen karena menunggu (pembayaran) kerahiman. Kerahiman kalau keputusan dari gubernur selesai kita cepat," sambung Budi Karya.

Budi Karya menargetkan, pembayaran uang kerahiman tersebut bisa dirampungkan akhir bulan ini sehingga target pembangunan double track seksi Cicurug-Cigombong juga bisa terealisasi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyatakan bahwa pembangunan DDT seksi tersebut bisa rampung akhir tahun ini.

"Target akhir tahun kita harapkan bisa 100 persen. Ini kita mau kebut. Pembayaran kerahiman sendiri untuk 550 kepala keluarga di sepanjang jalur Cicurug-Cigombong. Kita akan segera lakukan pembayaran dan targetkan akhir bulan ini selesai," tandas Zulfikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com