Kompas.com - 26/08/2018, 09:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara tentang uang itu sulit bagi sebagian orang. Namun, meminta lebih banyak uang ternyata jauh lebih sulit.

Ketika Anda akhirnya mengumpulkan keberanian untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan atau menawar gaji saat hendak masuk ke suatu perusahaan, harus ada angka yang masuk akal. Anda tidak ingin merendahkan diri, tetapi Anda juga tidak ingin membidik terlalu tinggi.

"Saya adalah penggemar berat 'menembak' angka yang menyenangkan Anda, bukan yang memuaskan Anda," kata Selena Rezvani, penulis "Pushback: How Smart Women Ask and Stand Up For What They Want", sebagaimana dikutip dari CNN Money.

Kunci negosiasi gaji adalah dengan mengetahui nilai Anda. Dengan demikian, Anda merasa percaya diri dengan angka yang Anda ajukan.

Pertama, Anda harus menetapkan rentang pada profesional lain dalam peran Anda serta apa yang dibuat oleh industri. Konsultasikan berbagai sumber, termasuk situs seperti Glassdoor dan Indeed, hingga asosiasi profesional.

Bicaralah dengan perekrut dan jangan malu bertanya kepada orang-orang di industri jika mereka merasa nyaman membeberkan gaji mereka.

Seberapa banyak minta kenaikan?

Dikutip dari CNN Money, angka yang ideal untuk penambahan gaji yaitu 10 persen di atas gaji Anda saat ini. Namun, selesaikan dulu pekerjaan rumah Anda.

Lacak pencapaian Anda. Proyek sukses yang Anda kerjakan menjadi cara meningkatkan pendapatan atau menghemat uang perusahaan, inovasi, dan kolaborasi yang efektif.

"Perhatikan keahlian unik Anda," kata Joel Garfinkle, pelatih eksekutif dan penulis "Get Paid What You're Worth".

Halaman:



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.